6 Tips Agar Website Cepat Terindex Google

by

Banyaknya orang yang mengakses internet setiap harinya, membuat website menjadi tempat paling efektif untuk menjalankan bisnis. Website memiliki segudang manfaat untuk bisnis. Namun, agar website muncul dalam pencarian Google, website harus terindex terlebih dahulu oleh Google. Berikut ini, ada beberapa tips agar website cepat terindex Google sehingga bisa muncul dalam pencarian.

1. Membuat Sitemaps

Setelah website untuk bisnis sudah dibuat, hal berikutnya agar website cepat terindex Google adalah dengan membuat Site Maps dari websitenya. Site Maps adalah sebuah dokumen yang berisikan tentang setiap halaman dari situs websitenya. Dokumen Site Maps berupa script XML yang bisa dibuat dengan menggunakan bantuan plugin.

Site Maps sebuah peta yang digunakan Google untuk melakukan index pada website. Adanya Site Maps pada website membuat Google bisa mengetahui apa saja isi dari setiap halaman dalam situs website. Dengan bantuan sitemaps, membuat pengguna internet juga bisa mengakses dan mengetahui isi dari setiap halaman dalam website.

2. Mendaftarkan Sitemaps Pada Google Webmaster Tools

Sitemaps berfungsi seperti peta atau daftar isi dalam dokumen cetak yang membuat Google mampu mendeteksi setiap halaman dari website. Sitemaps ini bisa dibuat menggunakan plugin atau beberapa tools seperti XML Sitemaps Generator misalnya. Setelah sitemaps ini dibuat, langkah berikutnya adalah dengan mendaftarkannya pada Google Webmaster Tools.

Google Webmaster Tools adalah sebuah layanan dari Google yang memungkinkan pemilik website untuk menjaga kualitas websitenya dalam pencarian Google. Google Webmaster Tools ini menggunakan sitemaps website agar tiap halamannya bisa muncul dalam pencarian. Cara mendaftarkan sitemaps ke dalam Webmaster Tools sangat mudah. Cukup dengan membuat akun kemudian tambahkan sitemaps website ke dalamnya.

3. Bagikan ke Sosial Media

Membagikan link website ke sosial media menjadi cara yang paling mudah agar website bisa cepat terindex Google. Dengan membagikan link postingan website ke sosial media, akan membuat website menjadi banyak yang berkunjung. Dengan banyaknya pengunjung website, maka Google akan semakin percaya untuk mengindex website ke dalam mesin pencariannya.

Sebagai pemilik website, bisa juga dengan menambahkan link website yang dimiliki ke dalam profil pada setiap sosial media yang dimiliki. Beberapa sosial media yang bisa ditambahkan link website dalam profil di antaranya adalah Twitter, Facebook, Instagram, atau LinkedIn. Menurut Forbes, link website di sosial media juga menjadi salah satu pilar SEO.

4. Memperbanyak Backlink Berkualitas

Setelah membagikan link ke sosial media, kemudian giliran berkunjung ke website atau blog orang lain untuk memperkenalkan website dengan cara meninggalkan backlink. Backlink adalah sebuah link sederhana dari website yang kemudian ditaruh di website lain. Dengan adanya backlink ini maka website tersebut tertaut dengan website lainnya.

Selain menaruh backlink pada website orang lain, ada juga cara lain yakni dengan membuat backlink pada setiap postingan yang ada pada website sendiri. Membuat backlink  ini tidak bisa sembarangan karena berpotensi untuk dianggap sebagai spam oleh Google. Untuk backlink pada postingan sendiri, sebaiknya tidak terlalu banyak dan sewajarnya saja.

5. Mengirimkan Notifikasi pada Google

Jika langkah di atas masih belum berhasil. Tidak ada salahnya jika menggunakan sebuah pancingan pada Google agar melakukan index pada website yang dikelola. Caranya adalah dengan mengirimkan sebuah notifikasi yang membuat Google akan melakukan index pada website yang sedang dikelola. Notifikasi ini bisa dilakukan dengan beberapa tools yang tersedia di internet.

Proses notifikasi ini biasanya dilakukan jika ada pembaruan pada website tetapi Google belum menangkap adanya pembaruan tersebut. Pembaruan yang dimaksud bisa berupa pembaruan dari postingan lama. Dengan mengirimkan notifikasi, Google akan menggerakkan bot miliknya untuk melakukan index pada pembaruan yang dimaksud. Namun, mengirimkan notifikasi ini sebaiknya berkala dan tidak terlalu sering.

6. Membuat Konten Website yang Berkualitas

Yang terpenting dari cara agar website cepat terindex Google adalah dengan memperbanyak konten-konten berkualitas pada websitenya. Google saat ini sedikit mengubah algoritmanya yang membuat SEO tidak menjadi yang paling berpengaruh. Google saat ini mengutamakan kualitas konten yang ada di dalam website tersebut demi kenyamanan para pencarinya.

Meski SEO bukan menjadi yang utama, tetapi faktor SEO tetaplah penting. Sehingga jika pemilik website mampu mengombinasikan antara konten yang berkualitas dengan SEO, Google akan semakin melirik website tersebut sebagai website berkualitas. Selain itu, Google juga paling membenci plagiasi. Sehingga usahakan konten yang ada dalam website tersebut bebas dari plagiasi.

Membuat website untuk keperluan bisnis memang sangat menguntungkan. Namun, sangat disayangkan jika website tersebut tidak terindex oleh Google sehingga tidak bisa dicari oleh pencari. Membuat agar website cepat terindex Google bisa menjadi tips yang sangat berharga agar website bisa diakui dan diterima sehingga mampu muncul dalam pencarian Google.