6 Tutorial Membuat Aplikasi Android

by

6 Tutorial Membuat Aplikasi Android – Android adalah smartphone yang telah dilengkapi berbagai macam aplikasi di dalamnya, dengan adanya toko resmi dari android yakni Play Store dapat memudahkan para pengguna android untuk memakainya tinggal di download saja aplikasi yang diinginkannya. Selain itu, aplikasi yang ada di play store memiliki dua versi yakni aplikasi yang gratis dan aplikasi yang berbayar atau prabayar.

6 Tutorial Membuat Aplikasi Android

Perlu anda ketahui juga, ternyata aplikasi android bisa anda buat sendiri tanpa harus ribet membeli karena dapat memboroskan uang. Dalam membuat aplikasi android anda bisa membuatnya sendiri di HP ataupun di laptop anda.

Berikut 6 Tutorial Membuat Aplikasi Android:

Sebelum masuk ke proses pembuatannya alangkah baiknya anda tahu masalah dasar pemograman khususnya program java.

1. Instalasi

Pertama anda harus mendownload software Android Studio, bertujuan untuk memudahkan anda dalam membuat aplikasi android menggunakan komputer atau laptop.

2. Membuat project baru

Setelah selesai mendownload software Android Studio. Buka aplikasinya, pilih menu “Quick Start”, pilih “Start a new Android Studio project”. Maka akan muncul tab form, terus isi dengan nama aplikasi yang ingin anda buat “Application name”, isi juga nama (domain) perusahaan anda “Company Domain”, lalu Anda dapat mengisi atau mengosongkan “lokasi project”, kemudian pilih klik “Next”. Kemudian, klik “Phone and Tablet”, pilih Minimum SDK sesuaikan bersama HP Android, ini berfungsi agar aplikasi bisa digunakan di smartphone android anda, lalu Klik dan pilih “Next”. Lalu Klik pilih “Blank Activity”, catatan : biarkan form secara default Yang terakhir Klik pilih “Finish” untuk menyelesaikan pembuatan project

3. Melakukan editing “Welcome Message”

Langkah awal anda harus masuk ke bagian activity_main.xml Kemudian pilih dan drag kalimat “Hello, world!” ke bagian tengah layar. Selanjutnya di menu “project file system”, pilih values folder. Setelah itu, klik dua kali “strings.xml”. Cari kata “Hello, world!” pada file tersebut, anda juga dapat menambahkan, mengganti kata “world” dengan kata “Hai, selamat brgabung di aplikasi Kami”) Lalu kita Kembali ke tab activity_main.xml.periksa lagi kata yang telah dibuat di depan layar tengah.

4. Menambahkan tombol

Pertama buka Design tab di activity_main.xml. Selanjutnya pada menu Paletter, pilih klik opsi “Button”. Kemudian Klik dan drag tombol tersebut di bawah yang telah kita buat di tengah layar. Namun pastikan terlebih dahulu jika tombol tersebut masih terseleksi, pilih klik menu Properties, pilih klik “text”. Gantik kata “New Button” dengan kata yang anda inginkan, contohnya “Teruskan”, “Memulai”, dan sebgainya.

5. Membuat second activity

Langkah awal anda Klik kanan di menu “App”. Selanjutnya Klik New, pilih Activity, pilih Blank Activity Kemudian kita Ganti activity dengan nama sesuka, misal “SecondActivity”. Setelah itu, pilih klik “Finish”. Lalu pastikan bahwa sudah tercantum di tab Design (activity_second.xml) Selanjutnya kita Klik serta drag text box (ditengah layar) Cari “id text box” pada file. Kita buka strings.xml Anda juga harus membuat line baru, misal “Selamat datang di bagian kedua” Kemudian kembali ke acitivity_second.xml, klik pilih text box. Dibagian panel Properties, pilih klik “text”, arahkan ke “@string/second_page”.

6. Percobaan

Untuk memulai percobaan aplikasi maka anda pilih klik tombol ikon play Kemudian Pilih device ceklis “launch emulator” Selanjutnya anda Klik pilih “OK”.

Demikian penjelasan dan pemaparan di atas tentang 6 tutorial membuat aplikasi android. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan semoga berhasil membuat apliksai yang anda inginkan.