Aplikasi Menghidupkan Layar Android Tanpa Tombol Power Ini Solusinya

by

Terkadang android yang sudah lama digunakan akan membuat beberapa fungsinya berkurang kinerjanya atau bahkan rusak. Seperti contohnya yang sering mengalami kendala adalah tombol power pada sebuah android. Namun jangan khawatir karena sudah tersedia aplikasi menghidupkan layar android tanpa tombol power yang dapat dicoba. Berikut beberapa referensi aplikasinya:

1. Air Lock Screen

Aplikasi menghidupkan layar android tanpa tombol power yang pertama adalah Air Lock Screen yang sudah cukup populer. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna tidak perlu bingung lagi jika tombol power mengalami kendala. Bahkan jika tombol power tidak bermasalah dan ingin tampil keren, aplikasi ini dapat dicoba. Semua itu karena cara mengoperasikan aplikasi ini cukuplah unik dan mudah. Pengguna cukup melakukan gerakan tangan di atas layar android, lakukan gerakan swipe, setelah itu otomatis android akan langsung hidup kembali.

2. Power Button To Volume Button

Untuk aplikasi Power Button To Volume Button digunakan untuk android yang memang tombol powernya rusak. Sehingga tentunya android tidak dapat dihidupkan melalui tombol power. Nah dengan menggunakan aplikasi ini maka kedudukan tombol power dapat digantikan dengan tombol volume. Sehingga menghidupkan bahkan mematikan android dapat menggunakan tombol volume android. Cukup dengan install aplikasi ini pada android dan rasakan sendiri bagaimana menghidupkan android melalui tombol volume.

3. Navigation Bar-Soft Keys

Berikutnya yang dapat dicoba adalah aplikasi Navigation Bar-Soft Keys yang kegunaannya cukuplah banyak karena fiturnya tidak hanya satu saja. Bahkan dengan aplikasi ini, pengguna dapat juga memindahkan beberapa letak navigasi dengan bebas sesuai keinginan. Aplikasi ini akan memberikan beberapa fitur tombol tidak hanya power namun juga tombol home, recent, notification, lock screen. Cukup lengkap bukan aplikasi ini,  jika digunakan tentu saja akan sangat menguntungkan.

4. Easy Touch

Selanjutnya yang merupakan aplikasi menghidupkan layar android tanpa tombol power adalah aplikasi Easy Touch. Layaknya AssistiveTouch pada sebuah android, aplikasi ini akan mampu memberikan fitur yang di dalamnya berupa beberapa tombol virtual. Viturnya selain menghidupkan layar juga berisi tombol back, mengunci layar, kembali ke homescreen, serta tombol menu. Jadi aplikasi ini tidak hanya memiliki satu kegunaan saja, namun juga memberikan beberapa kegunaan lainnya.

5. Swipe Home Button

Selain aplikasi di atas ada juga aplikasi Swipe Home Button yang kegunaannya sebagai pengganti fungsi navigasi bar pada sebuah android. Cara untuk mengoperasikannya juga cukuplah mudah, cukup dengan melakukan gerakan mengusap atau swipe. Gerakan mengusap harus dilakukan dari bagian bawah layar, namun bebas mau diarahkan ke bagian mana. Selain fungsi tersebut, aplikasi ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya.

Seperti pengembalian ke home android, cukup dengan swipe layar ke arah atas, lalu ada juga tombol recent cukup dengan swipe layar ke atas dilanjutkan ke arah bawah. Sedangkan fungsi yang terakhir yaitu memungkinkannya terbuka bar notifikasi, caranya cukup dengan swipe layar secara diagonal baik ke arah kanan atau kiri. Selain itu aplikasi ini fitur back serta shortcut yang dapat membuka aplikasi tertentu. Lengkap sekali dan cukup mudah bukan mengoperasikan aplikasi ini, hal itulah yang membuat aplikasi ini cukup populer.

6. Double Tap Off

Berikutnya aplikasi yang dapat dicoba untuk menghidupkan layar android tanpa menekan tombol power adalah aplikasi Dauble Tap Off. Selain menghidupkan, pengguna juga dapat memantikan layar android dengan aplikasi ini. Cara penggunaannya juga tidaklah sulit. Di mana pengguna cukup melakukan tekanan atau ketukan pada layar sebanyak dua kali saja. Tentu saja aplikasi ini merupakan pencegah tombol power mengalami kendala karena sering digunakan. Sehingga tidak ada masalah menggunakan aplikasi ini walaupun tombol power dalam keadaan baik.

7. Pie Control

Berikutnya adalah aplikasi Pie Control yang tampilannya mirip dengan tampilan sebuah menu navigasi diagram lingkaran pada sebuah android KitKat. Terlihat simpel dan tidak ribet memang tampilannya, begitu juga cara pengoperasiannya, tidak sulit. Dalam aplikasi ini akan ada beberapa fitur selain tombol menghidupkan dan mematikan layar. Seperti back, home, beberapa shortcut sesuai keinginan serta ada juga recent. Bahkan tampilan navigasi bar akan ada di beberapa sisi layar, jadi akan semakin unik saja tampilan layar android.

8. Simpel Control

Aplikasi menghidupkan layar android tanpa tombol power selanjutnya adalah Simpel Control. Di mana kedudukannya sebagai pengganti beberapa tombol android yang tidak berfungsi atau rusak. Tampilannya cukup sederhana sehingga cukup mudah juga untuk digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini akan membuat navigasi android menjadi versi sentuhan, baik itu pada android Mashmallow ataupun lollipop. Bahkan untuk sebuah android yang tidak memiliki akses root, aplikasi ini tetap dapat digunakan.

Itulah beberapa aplikasi menghidupkan layar android tanpa tombol power yang dapat dijadikan referensi. Dengan mengetahui beberapa referensi aplikasi di atas tentu saja tidak akan membuat pengguna android merasa panik jika tombol power bermasalah. Selain itu banyaknya aplikasi yang tersedia akan membuat pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.