Cara Masuk Website Sebagai Admin dengan Mudah

by

Mengelola sebuah website pribadi adalah suatu hal yang harus dilakukan jika sudah mendirikan website untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun yang lainnya. Seringkali pada website yang dibangun, terdapat beberapa aktor yang berperan di website tersebut. Ada yang sebagai admin, moderator, atau sebagai pengguna biasa. Cara masuk website sebagai admin sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Hanya saja terkadang banyak orang yang masih bingung cara login ke website apabila banyak pengelola yang berada dalam website tersebut. Sebenarnya, hal utama yang harus diingat adalah pastikan jika website yang dimasuki adalah website milik pribadi. Jika bukan milik pribadi melainkan milik perusahaan atau instansi tertentu, maka harus mendapatkan hak akses sebagai admin.

Cara Masuk ke Halaman Admin Jika Menggunakan WordPress

WordPress paling banyak digunakan untuk membangun website. Karena semua tools yang diperlukan ada disana. Biasanya WordPress digunakan untuk website pribadi, bisnis kecil, maupun usaha sampingan yang dilakukan secara kelompok. Berikut ini adalah beberapa cara masuk website sebagai admin dengan mudah jika membangun website menggunakan WordPress :

1. Pastikan Terlebih Dahulu Website Mana yang Dimasuki

Ketika seseorang mengelola beberapa website, seringkali lupa website mana yang ia kelola sebagai admin. Pastikan terlebih dahulu bahwa website yang dikelola memiliki hak akses sebagai admin. Bisa jadi di website tersebut hanya bertugas sebagai pengguna biasa saja. Karena admin bisa masuk ke website melalui panel administrator yang tertera pada control panel website.

2. Masuk Melalui Halaman Administrator Alamat Host Website

Pertama-tama, bukalah website WordPress, lalu login menggunakan email dan password yang sudah diyakini memiliki hak akses sebagai admin. Setelah itu klik “My Site” atau situs saya. Akan muncul halaman administrator. Kemudian carilah halaman WP-Admin. Jika langkah ini telah berhasil dilakukan, maka sudah sukses masuk ke halaman website sebagai admin.

3. Masuk dari Alamat Dasar Situs Web

Terkadang, banyak orang yang gagal masuk ke website dari halaman administrator. Cobalah masuk dari halaman dasar situs web yang dibangun. Misalnya, alamat dasarnya adalah “https://www.halamanku.com” atau nama dasar lainnya berdasarkan website yang akan dituju. Kemudian lakukan login dari situs tersebut. Jika memiliki hak akses sebagai admin, maka otomatis akan ada halaman khusus administrator.

4. Gunakan Berbagai Tag Admin Berbeda di Belakang Situs Web

Untuk menuju halaman administrator, ada berbagai cara selain login melalui alamat host. Apabila cara tersebut tidak dapat dilakukan. Gunakan tag ini di samping alamat website yang dikelola. Berikut ini adalah beberapa contoh tag website admin yang bisa digunakan untuk langsung login dan menuju halaman administrator :

  • halamanku.com/admin
  • halamanku.com/wp-login.php
  • halamanku.com/administrator
  • halamanku.com/admin.php
  • halamanku.com/wp-admin

5. Jangan Sampai Salah Memasukkan Alamat Email dan Username

Pada halaman login, seringkali seseorang diminta untuk mengisikan kolom login dengan email atau username. Jangan sampai salah memasukkan alamat email yang berbeda dari username. Apalagi jika lupa username, maka bisa menggunakan email. Pastikan email yang dulu terdaftar adalah email yang digunakan mendaftar sebagai admin. Bukan sebagai pengguna.

6. Mengisikan Kolom Kata Sandi yang Benar

Seringkali login sebagai admin gagal dilakukan apabila salah memasukkan kata sandi. Jika lupa kata sandi, maka tidak akan bisa masuk ke website. Untuk memastikan kata sandi yang dimasukkan benar, cobalah untuk mengecek email saat dulu mendaftar ke WordPress. Masuklah ke website melalui alamat host, klik lupa kata sandi jika benar-benar lupa. Cek email untuk lakukan reset kata sandi.

Menggunakan Program Havij untuk Mencari Halaman Admin

Havij merupakan program khusus yang dibuat untuk mencari halaman admin dari sebuah website yang dibangun. Karena para pengelola website sering kesulitan masuk ke halaman admin melalui alamat host dan tidak dapat mendeteksi halaman admin pada website yang dikelola. Maka dari itu dibangunlah aplikasi Havij. Sayangnya, Havij tidak tersedia untuk pengguna Mac. Berikut cara mencari halaman admin dengan Havij :

1. Unduh dan Pasang Havij di Komputer

Havij dapat diunduh di website khusus Havij. Kemudian ekstrak file yang ada dalam bentuk .zip, setelah itu lakukan instalasi seperti biasa. Buka program Havij pada komputer, butuh waktu lama hingga Havij muncul pada layar komputer. Havij dapat langsung digunakan untuk mencari halaman admin website yang dibangun. Tidak hanya website yang dibangun menggunakan WordPress saja.

2. Cari Halaman Admin di Kolom Pencarian

Pada kotak panel Havij, carilah tombol “Find Admin” kemudian klik. Isikan kolom “Path to search” dengan alamat website yang dikelola. Misalnya “http://www.halamanku.com”. Kemudian klik “start” untuk mulai mencari. Tunggu proses hingga muncul kotak dialog yang menampilkan sugesti alamat website admin

3. Mencoba Masuk Melalui URL yang Diberikan

Setelah muncul beberapa sugesti alamat website admin, salinlah URLnya dan buka melalui browser. Cobalah login di halaman itu. Jika bisa login, maka sukses masuk ke website sebagai admin. Jika belum bisa, cobalah semua sugesti URL yang diberikan oleh Havij. Dengan tag admin yang berbeda-beda.

Itulah cara masuk website sebagai admin jika mengelola website pribadi. Semoga  dapat membantu para pengelola website yang sering kesulitan masuk website sebagai admin. Dalam membangun website, setiap tahunnya harus dilakukan perbaruan. Agar para pengunjung dapat merasakan kemudahan akses website yang telau diperbarui.