Cara Membersihkan File Sampah Android tanpa Aplikasi Agar Memori Terasa Longgar

by
cara membersihkan file sampah android tanpa aplikasi

Pemakai ponsel pintar dengan sistem operasi Android pasti tidak jarang mengalami ponsel yang tiba-tiba penuh. Ponsel yang penuh tentu sangat merugikan karena membuat ponsel menjadi tidak maksimal. Penyebab memori penuh adalah karena adanya file sampah yang tersimpan dalam ponsel. Salah satunya adalah dengan cara membersihkan file sampah Android tanpa aplikasi tambahan.

Penyebab Memori Penuh oleh Sampah

Mungkin ada yang bertanya-tanya dari mana penyebab penuhnya memori ponsel Android berasal. Selain karena memang berisikan file-file baik itu foto, video, atau lagu-lagu, memori ponsel Android bisa penuh juga karena sampah. Sampah-sampah ini muncul dari sisa file-file yang sudah terhapus atau yang biasa disebut dengan cache atau thumbnails.

Cache tidak hanya berasal dari sisa file-file yang sudah dihapus, tetapi juga simpanan data-data. Biasanya cache ini berasal dari beberapa aplikasi seperti WhatsApp atau aplikasi peramban seperti Google Chrome dan Galeri. File-file cache ini sebetulnya berukuran kecil, tetapi kemudian menumpuk, menjadi banyak, dan tidak terhapus oleh aplikasi pembersih biasanya.

Cara Membersihkan File Sampah Android

Ada dua cara untuk membersihkan file sampah pada ponsel Android yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara yang paling mudah tentu saja dengan menggunakan aplikasi tambahan yang banyak tersedia di Google Play. Tinggal download dan pasang pada ponsel Android lalu mulai proses pembersihan file-file sampahnya.

Namun untuk membersihkan file sampah Android dengan bantuan aplikasi sebetulnya memiliki kekurangan. Aplikasi biasanya tidak bisa menghapus secara mendalam sehingga biasanya masih tersisa beberapa aplikasi sampah yang tidak terhapus. Untuk itu perlu sebuah cara membersihkan file sampah Android tanpa aplikasi agar bersih secara menyeluruh dan membuat memori lebih longgar.

Cara Membersihkan File Sampah Android Tanpa Aplikasi

Yang masih jarang diketahui oleh banyak orang adalah sebetulnya ada cara untuk membersihkan file sampah Android tanpa aplikasi tambahan. Meski sebetulnya cara ini cukup ribet, tetap dengan menjalankan cara ini bisa membersihkan file-file sampah dengan benar-benar bersih. Berikut tahapan membersihkan file sampah Android tanpa menggunakan tambahan aplikasi.

1. Menghapus dari Ponsel

Bagi pemilik ponsel Android dengan versi 4.4 atau yang terbaru bisa menghapus file sampah bahkan dari ponsel sendiri. Langkah pertama adalah dengan membuka menu Pengaturan (setting) dari ponsel, lalu masuk ke dalam menu Penyimpanan (storage). Pada menu storage ini akan terlihat besaran file seperti media, aplikasi, dan cache.

Pada menu Penyimpanan juga akan terlihat sisa memori yang ada dalam ponsel. Langkah berikutnya adalah memilih menu cache file yang ada pada menu Penyimpanan. Setelahnya akan muncul sebuah notifikasi apakah akan melanjutkan untuk menghapus file cache ini atau tidak. Pilih Ya maka secara otomatis cache yang ada dalam ponsel akan terhapus.

2. Menghubungkan Ponsel dengan Komputer atau Laptop

Biasanya, cara pertama di atas sudah cukup untuk membuat memori ponsel lebih longgar. Namun, jika dirasa masih kurang, langkah berikutnya bisa dengan menghapus beberapa file melalui komputer. Caranya dengan menghubungkan ponsel ke komputer atau laptop menggunakan kabel data sehingga bisa melihat detail folder yang ada di dalam ponsel.

Menghubungkan ponsel dengan komputer ini juga membuat penggunanya bisa melihat folder-folder tersembunyi. Bahkan termasuk folder yang disembunyikan oleh sistem sekalipun. Melihat folder ponsel di komputer juga membuat penggunanya bisa memilih folder mana saja yang menjadi folder sampah dan mana yang tidak. Namun, sebelumnya penggunanya juga harus tahu mana yang folder sampah.

3. Membuka Folder dan Memilah File Sampah

Folder sampah biasanya disimpan oleh sistem pada folder bernama DCIM. Folder DCIM ini terdiri dari banyak folder di dalamnya. Beberapa ada yang sangat penting dan jangan sampai terhapus. Namun sebagian yang lain hanyalah folder yang berisi file sampah sehingga harus dihapus agar memori ponsel terasa lebih longgar.

Setelah membuka folder DCIM, kemudian cari folder dengan nama thumbnails. Folder thumbnails ini merupakan versi kecil dari foto yang berada dalam ponsel. Beberapa foto yang sudah terhapus bahkan masih menyisakan thumbnailsnya di dalam folder ini. Tenang saja, folder ini tidak akan mengganggu kerja sistem ponsel.

4. Menghapus Folder Tersembunyi

Jika tidak ada folder thumbnails di dalam folder DCIM, itu artinya folder tersebut disembunyikan oleh sistem. Mode hidden ini membuat folder ini seakan menghilang dari tampilan. Namun tenang saja karena dengan membuka ponsel melalui komputer, folder yang tersembunyi seperti ini bisa dimunculkan. Caranya adalah dengan mengubah pengaturan foldernya agar memunculkan folder tersembunyi.

Setelah folder tersembunyi munculkan, langkah selanjutnya adalah dengan menghapusnya secara manual seperti biasa. Cara ini tidak akan mengganggu kerja sistem ponsel. Bahkan seiring waktu ke depan, sistem juga akan membuat folder ini kembali. Sehingga sebaiknya membersihkan folder dengan cara ini bisa dilakukan secara berkala.

Membersihkan file sampah yang ada dalam ponsel secara berkala akan membuat memori ponsel terasa longgar. Untuk membersihkan file sampah ini, bisa dilakukan dengan dua cara. Salah satu yang paling mudah adalah dengan cara membersihkan file sampah android tanpa aplikasi tambahan. Cara ini terbukti efektif untuk menghapus file yang tidak berguna.