Cara Membuat Animasi Di Android Dengan Mudah

by
cara membuat animasi di android

Animasi merupakan salah satu gambar yang paling sering ditemui oleh banyak orang. Umumnya untuk membuat animasi harus menggunakan komputer. Bagaimana jika Android digunakan untuk membuat aplikasi? Jawabannya tentu saja bisa dan ada beberapa cara membuat animasi di Android dengan mudah dan tentu saja untuk membuatnya harus memiliki smartphone Android terlebih dahulu.

1. Menggunakan Aplikasi Toontastic 3D

Toontastic 3D merupakan salah satu aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membuat animasi. Aplikasi ini tentu saja bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Untuk cara membuat animasi di Android dengan menggunakan aplikasi Toontastic 3D, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan.

  • Unduh aplikasi melalui Google Play Store dan tunggu sampai berhasil dipasang. Biasanya untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang bagus. Untuk itu pastikan bahwa pengguna Android menggunakan smartphone yang berspesifikasi menengah ke atas.
  • Jika sudah berhasil diunduh, buka aplikasinya maka akan muncul tampilan untuk melihat contoh cerita yang mana bisa diakses dengan menekan pada IdeaLab.
  • Untuk memulai storyboard atau cerita baru, tekan pada tanda + atau plus kemudian pilih Short Story untuk memulai cerita yang pendek.
  • Saat para pengguna Android memilih short story, maka akan muncul cerita yang pendek di mana hanya ada awal, tengah, dan akhir. Untuk memulai cerita, klik pada awal atau Beginning.
  • Pilih latar belakang yang ingin digunakan untuk cerita. Kemudian pilih karakter yang akan muncul dalam cerita yang dibuat.
  • Apabila storyboard sudah berhasil muncul, maka selanjutnya tap pada karakter dan buat gerakan pada karakter. Jika sudah selesai, tekan Start kemudian lanjutkan sampai akhir.

2. Menggunakan Aplikasi FlipaClip

Aplikasi animasi di Android yang satu ini bisa dibilang cukup mudah dalam penggunaanya. Selain itu, aplikasi ini dapat diekspor ke dalam berbagai macam resolusi, termasuk pada resolusi 720 piksel. Berikut ini merupakan cara membuat animasi di Android dengan menggunakan aplikasi FlipaClip. Sebelum membuat, pastikan aplikasi sudah diunduh terlebih dahulu melalui Google Play Store

  • Buka aplikasi FlipaClip kemudian pilih lingkaran merah yang ada di tengah bawah untuk mulai membuat animasi.
  • Kemudian akan muncul berbagai pilihan untuk mengatur berbagai hal, misalnya nama animasi, FPS yang digunakan, dan lain-lain.
  • Beri nama animasi pada kolom nama, lalu pilih kanvas atau resolusi yang diinginkan, lalu pilih frame per rate atau FPS. Semakin banyak FPSnya, animasi akan berjalan semakin cepat. Akan tetapi jika mengatur FPS tinggi, banyak gambar yang harus dibuat. Untuk itu pilihlah FPS yang rendah misalnya 15.
  • Apabila sudah selesai mengatur semuanya, pilih Buat Proyek.
  • Berikutnya akan muncul berbagai macam tools atau peralatan untuk menggambar, maka dari itu buatlah gambar yang nantinya akan menjadi animasi.
  • Jika sudah selesai membuat animasi, klik tiga titik pada kanan atas kemudian pilih Buat Film.
  • Isikan nama dan pilih resolusi hasil ekspor animasi kemudian klik Buat Film. Tunggu sampai proses berjalan dan animasi berhasil dibuat.

3. Menggunakan Aplikasi Animate It

Selain Toontastic 3D, ada salah satu aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membuat animasi 3D. Aplikasi tersebut adalah Animate It yang mana aplikasi ini menggunakan Unity Engine. Grafis dari aplikasi ini kurang lebih sama seperti pada game Minecraft. Berikut di bawah ini adalah cara membuat animasi di android dengan menggunakan aplikasi Animate It

  • Unduh aplikasi Animate It melalui Google Play Store kemudian tunggu sampai proses berjalan lalu buka aplikasinya jika sudah selesai.
  • Berikutnya pilih tiga garis di kanan atas kemudian beri nama pada animasi yang dibuat.
  • Dengan tools yang ada pada aplikasi ini, para pengguna Android bisa memindahkan karakter sesuai dengan keinginan. Selain itu, gerakan tubuh yang lain bisa diubah dari tools yang ada pada aplikasi ini.
  • Supaya karakter yang dibuat ini bisa berpindah tempat dan bergerak, para pengguna Android bisa menambahkan scene yang letaknya berada pada kanan bawah.
  • Untuk menyimpan animasi yang sudah dibuat, klik lambang disket untuk menyimpan atau tepatnya dibawah menu tiga garis di kiri atas.

Hasil dari aplikasi ini tidak bisa dilihat melalui galeri hp, akan tetapi hanya bisa disaksikan melalui aplikasinya saja. Masih ada banyak fitur yang bisa didapatkan pada aplikasi ini, seperti misalnya aksesori lucu yang bisa dipasang pada karakter. Selain itu juga ada skin yang mana bisa membuat karakter bisa berganti baju. Karakter yang digerakkan juga bisa bebas dipilih sesuai keinginan.

Aplikasi animasi di android ini masih bisa dicari melalui Google Play Store dengan berbagai macam kelebihan masing-masing. Selain itu, fitur yang ada juga tidak kalah keren jika dibandingkan dengan tiga aplikasi di atas.

Salah satu penemuan di dunia yang membuat orang bahagia adalah animasi. Animasi sendiri umumnya bisa dibuat melalui media komputer. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, Android bisa digunakan untuk membuat aplikasi. Cara membuat animasi di Android di atas bisa dicoba dengan gratis dan tentu saja mudah.