Cara Membuat Landing Page dengan WordPress Menggunakan Bantuan Plugin

by
cara membuat landing page dengan wordpress

Pernah tidak menyadari saat sedang berselancar di internet, tidak sengaja halaman tiba-tiba dialihkan ke situs lain. Saat proses peralihan inilah pengguna akan melihat sendiri landing page dari situs berkaitan. Landing page ini banyak dimiliki oleh berbagai situs baik kecil maupun besar. Bahkan domain besar seperti wordpress menyediakan cara membuat landing page dengan wordpress.

Apa Itu Landing Page

Sebelum masuk ke tutorial ada baiknya untuk mengetahui apa itu landing page? Landing page adalah halaman mendarat yang akan ditampilkan apabila seseorang memencet halaman tersebut melalui iklan. Contohnya saat seseorang sedang mendownload lagu, maka akan diarahkan ke suatu halaman terlebih dahulu. Halaman itulah yang disebut landing page.

Iklan online seperti di facebook, email, aplikasi, dll nantinya akan mengarahkan pengguna ke landing page. Jadi itulah alasan mengapa landing page ini memiliki tampilan yang jelas berbeda dengan home page (halaman utama) yang akan muncul saat seseorang mencari url nya secara langsung.

Langkah-Langkah Pembuatan Landing Page

Sekarang saatnya ke pembahasan yang sudah ditunggu-tunggu terkait cara membuat landing page dengan wordpress. Tutorial dalam pembahasan ini akan dibuat semudah mungkin, agar pengguna bisa langsung mempraktekannya sendiri. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja melihat pembahasan tutorialnya di bawah ini.

1. Menginstal Plugin

Cara membuat landing page dengan wordpress yang pertama adalah menginstal plugin terlebih dahulu. Ada banyak pilihan plugin yang tersedia di pasaran, karenanya pengguna tidak usah bingung dalam memilih. Tapi sebelum memilih pastikan terlebih dahulu bagaimana kualitas dari plugin tersebut dengan melihat review oleh para penggunanya. Pilih juga yang sesuai kebutuhan.

2. Memasukkan License Key

Setelah menginstal aplikasi dan mendaftarkan diri, pengguna akan diminta untuk memasukkan license key untuk mendapatkan keseluruhan bagian plugin ini. Cara mendapatkan license key ini mudah. Pertama license key ini memang tersedia sepaket dengan file download plugin. Selain itu pada beberapa plugin, pengguna bisa langsung mendapatkannya setelah mendaftar.

3. Memilih Tambah Baru untuk Membuat Landing Page Pertama

Selesai memasang plugin, pengguna akan dibawa langsung ke.menu utama plugin. Pilihlah menu pages dan selanjutnya pilih menu add new. Menu add new atau tambah baru ini nantinya akan mengarahkan langsung pengguna untuk membuat landing pagenya sendiri. Saat memilih nantinya pengguna akan dihadapkan pada menu seperti kanvas baru untuk memulai membuatnya

4. Memilih Template Landing Page

Cara membuat landing page selanjutnya adalah dengan menentukan desain template dari landing page yang hendak dibuat. Tidak perlu merasa bingung untuk pilihan templatenya sendiri karena memang wordpress berbaik hati memberikan banyak pilihan dan contoh untuk penggunanya. Tugas pengguna disini hanya tinggal memilih mana desain template yang dikiranya cocok.

5. Mengedit Template

Meskipun sudah disediakan berbagai desain template dan sudah dipilih sebelumnya, terkadang pengguna merasa kurang puas dengan bentuknya. Tenang saja jika begitu, pengguna bisa mengedit desain template tersebut sesuai dengan keinginannya. Editlah template tersebut sesuka hati seperti menambah atau mengurangi kolom, merubah bentuk, warna dan.lain sebagainya.

6. Menambahkan Hal-Hal Lainnya di Template

Apabila sudah puas melihat desain template yang telah di edit, maka kini saatnya untuk menambahkan hal-hal tertentu. Hal-hal ini yang menjadi poin penting untuk pembuatan landing page. Pengguna harus menambahkan kata-kata, judul, gambar, keterangan dan hal-hal lain yang memang dirasa diperlukan. Jadi ingatlah untuk mempersiapkan hal ini juga sebelumnya.

7. Melihat Hasil Editan

Diedit sudah, ditambahkan hal-hal penting lainnya juga sudah maka kini saatnya untuk melihat hasil yang telah dibuat tadi. Tenang saja menu ini hanya melihat saja, dan tidak langsung ditayangkan. Sehingga apabila ada yang dirasa kurang pas masih dapat diedit kembali. Untuk melihat hasilnya, pengguna bisa memencet tombol see preview, atau menu preview tergantung dari pluginnya.

7. Menyimpan Hasil Editan

Langkah selanjutnya dari cara membuat landing page dengan wordpress adalah menyimpan hasil yang sebelumnya telah dibuat. Menyimpan hasil ini tidak memerlukan waktu lama dan sudah tersedia di menunya. Biasanya ada beberapa pilihan menu untuk menyimpan sesuai dengan plugin yang digunakan seperti done, save, atau menyimpan.

8. Menerbitkan Landing Page

Terakhir dan merupakan hal yang paling penting adalah menerbitkan landing page yang sudah dibuat dan didesain sebelumnya. Sebenarnya pengguna bisa langsung memilih save and publish di langkah sebelumnya, tapi apabila masih ragu tidak masalah untuk menunda menerbitkan landing pagenya. Tenang saja tidak ada batas waktu untuk menyimpan landing page sebelum diterbitkan.

Selesai sudah pembahasan tutorial kali ini terkait dengan cara membuat landing page dengan wordpress yang semoga bermanfaat. Tutorial di atas dibuat langkah demi langkah agar pengguna bisa lebih mudah dalam memahaminya. Sehingga tidak ada alasan lagi dalam membuat landing page, karena kesulitan. Karena ternyata membuat landing page sangat mudah dan sebentar.