Cara Membuat Live Chat di Website Menggunakan Beberapa Software

by
cara membuat live chat di website

Dalam dunia perniagaan online ada banyak hal yang perlu diperhatikan terkait pelayanan konsumen, seperti menanggapi pertanyaan atau keluhan konsumen. Karena bersifat online, dan tidak bisa bertatap muka secara langsung maka dibuat fitur seperti live chat untuk dapat berkomunikasi secara realtime. Untuk pemula jangan khawatir karena cara membuat live chat di website sendiri sangat mudah.

Apa Itu Live Chat

Sebelum masuk ke tutorial cara membuat live chat di website ada baiknya pengguna terlebih dahulu memahami pengertian live chat. live chat merupakan fitur pemasaran sekaligus pelayanan pelanggan berupa komunikasi atau interaksi yang dilakukan secara langsung. Fitur live chat ini biasanya akan dipasang di halaman utama website untuk membantu kesulitan pelanggan.

Tutorial Membuat Live Chat Di Website Menggunakan Beberapa Software

Saat membuat live chat di website tidak bisa langsung untuk membuatnya tanpa menggunakan bantuan software lain. Tenang saja meskipun menggunakan bantuan software lain, tapi proses pembuatannya masih terbilang mudah dan bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Berikut ini cara membuat live chat di website dengan menggunakan beberapa software.

1. Menggunakan Tawk.to

Software pertama yang bisa digunakan untuk membuat live chat di website adalah tawk.to. Alasan mengapa software ini banyak digemari adalah kemudahannya dalam mengaktifkan live chat. Untuk cara membuat live chat di website menggunakan tawk.to yang pertama adalah membuka website tawk.to. Setelah membuka websitenya, pengguna akan diminta untuk melakukan registrasi.

Setelah selesai melakukan registrasi, ingatlah dengan baik password dan email yang tadi digunakan untuk mendaftar. Hal ini dikarenakan password dan email itu akan digunakan untuk login. Sesudah melakukan login, pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi emailnya untuk mengaktifasi akun live chat yang sebelumnya sudah dibuat.

Lalu nanti akan muncul ikon pop up dari tawk.to untuk live chatnya, yang berarti aktifasi sudah berhasil. Langkah selanjutnya tinggal mengaktifkan live chat tersebut langsung di website. Caranya sangat mudah, hanya tinggal masukkan url site ke site information yang ada di tawk.to, lalu pilih selanjutnya. Lalu pilihlah aktifkan widget tawk.to untuk di wordpress dengan cara mengganti drupal ke wordpress.

Saat mengaktifkan langkah di atas pilih menu script kemudian klik kiri lalu klik selesai atau done. Langkah terakhir tinggal login ke wordpress, lalu masukkan kode wigdet tawk.to ke beberapa menu ini. file header.php, footer.php serta Widget – Text. Masukkan ke Appearance, Widget, Text, Add Widget dengan opsi Widget – Text. Salin script widget pada kolom konten dan klik simpan, maka live chat selesai terpasang.

2. Menggunakan Mylive chat

Untuk penggunaan software mylive chat ini sangat disarankan untuk digunakan pada domain blogspot. Cara pemasangannya dinilai lebih mudah dibanding yang lain untuk domain blogspot itu. Langkah pertama melakukan registrasi dengan memasukkan informasi pribadi, dan kontak yang masih aktif, lalu masukkan password yang rumit namun mudah diingat.

Setelahnya pengguna tinggal login ke website mylive chat menggunakan email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan. Lalu nantinya pengguna akan diminta untuk mengaktifasi emailnya dengan cara mengklik tombol verifikasi yang sebelumnya telah dikirimkan lewat email. Setelah selesai pengguna bisa mengaktifkan widget secara langsung.

Langkah selanjutnya adalah menyalin kode yang didapat ke dashboard utama blogspot atau website si pengguna. Caranya sangat mudah, pertama pengguna hanya tinggal mengcopy alamat urlnya untuk mendapatkan kode, nantinya kode tersebut di copy untuk selanjutnya di salin ke blogspot atau website pengguna.

Lalu pengguna login ke blogspot atau websitenya. Bila sudah masuk,pengguna tinggal menyalin kode yang sebelumnya sudah di copy ke dashboard utama widget di blogspot. Nanti klik appearance widget in the main screen dan tunggu hingga beberapa saat. Setelah ada konfirmasi berhasil, refresh halaman website dan fitur live chat sudah terpasang di website.

3. Menggunakan Facebook

Selain sebagai sosial media yang besar, facebook juga ternyata menyediakan fitur live chat yang bisa dipasang di website. Cara membuat live chat di website menggunakan facebook ini terbilang sangat mudah hanya pastikan sebelumnya sudah mempunyai akun fanpage facebook. Hal ini dikarenakan fiturnya merupakan facebook messenger yang tergabung dalam fitur fanpage.

Langkah pertama pengguna tinggal membuka fanspage yang ingin disambungkan atau diintegerasikan ke website. Masuk ke halaman pengaturan lalu selanjutnya pilih platform messenger. Pilih tombol menyiapkan pada menu plugin obrolan pelanggan. Lalu nanti popup sudah akan muncul, maka lewatkan saja dengan mengklik selanjutnya.

Selanjutnya adalah mengatur kata-kata serta bahasa yang akan pertama kali muncul saat seseorang memencet fitur live chat. Pilihlah bahasa yang mudah dipahami dan kata-kata yang sederhana dan juga sopan sebagai sapaan pertama. Setelah semua proses editing selesai, maka langkah selanjutnya mengaktifkan fitur ini ke website.

Caranya masukkan url website yang hendak dipasangi fitur live chat. Nantinya pengguna akan mendapatkan kode, simpan kode tersebut. Lalu login ke wordpress dan pilih menu appearance dan pilih menu edit. Saat itu salin kode yang sebelumnya telah diberikan lalu klik simpan dan selesai. Nanti popup live chat akan langsung muncul di halaman utama website.

Sekian pembahasan terkait cara membuat live chat di website dengan menggunakan beberapa website yang dinilai paling mudah dan tidak merepotkan. Semoga tutorial di atas bisa memudahkan para pengusaha yang ingin mengaktifkan fitur live chat di websitenya. Selamat mencoba.