6 Trik Cara Membuat Tampilan Blog Seperti Website Profesional

by
cara membuat tampilan blog seperti website

Setiap Blogger pasti ingin blognya tampil menarik di depan para pembaca. Salah satunya adalah tampil seperti website yang profesional. Tampilan blog yang nampak murahan, kurang profesional terkesan tidak terpercaya dan tidak menarik dibaca. Sebenarnya ada beberapa cara membuat tampilan Blog seperti website yang profesional.

Blog terlihat profesional pada dasarnya disebabkan karena bagaimana pembaca memandang website yang bagus dan terpercaya. Ada beberapa ciri yang biasanya diperhatikan dalam tampilan blog. Seperti domainnya, desain template nya, gaya penulisan, isi artikel dan berbagai penanda kecil lainnya. Kita bisa membuat hal-hal nampak seperti website profesional, lakukan hal-hal berikut.

1.  Ubah Menjadi Domain Berbayar

Cara membuat tampilan blog seperti website yang paling signifikan adalah mengganti domain.  Domain berbayar seperti .com, .net, .org, .id pasti lebih dipercaya daripada domain gratisan yang ada embel-embelnya blogspot.com maupun wordpress.com.

Kesan profesionalnya naik secara signifikan apabila menggunakan yang berbayar. Orang cenderung menganggap domain gratisan itu berarti bloggernya setengah-setengah dalam mengerjakan. Sebaliknya apabila berbayar dianggap lebih serius membuat blog. Meskipun tidak selalu begitu namun anggapan mengenai domain ini realita di para netizen.

Domain berbayar ini juga sekaligus memotivasi pemilik blog untuk rajin merawat blognya karena sayang sudah membayar tapi tidak dioptimalkan. Selain itu bila blogging menggunakan wordpress, tulisan “powered by wordpress” baru bisa hilang kalau pakai berbayar.  Jadi mengubah domain jadi berbayar itu memiliki manfaat yang besar bagi pengembangan profesionalisasi blog.

2. Gunakan Template yang Tidak Lugu

Template lugu adalah template yang umum banyak digunakan oleh blogger lain, dan juga template bawaan daripada blogspot atau itu sendiri. Tampilan default bawaan dari blogspot akan cenderung banyak yang menggunakan, sehingga blog terasa membosankan.

Cara untuk menggantinya  dengan mencari template yang tidak banyak digunakan dalam jagad internet. Bisa menggunakan template gratis ataupun berbayar terserah sesuai keinginan dan kemampuan, asalkan tidak yang sudah sering digunakan.

Semakin keren kalau  bisa mendesain template sendiri sehingga menjadi ciri khas kita. Tentu caranya kita harus memiliki kemampuan coding. Belajar coding awalnya memang sulit, namun sedikit-demi sedikit asalkan ada kemauan keras kita bisa menguasainya. Minimal untuk membuat tampilan web kita agar terlihat menarik seperti web profesional.

3. Hilangkan Kalimat “Diberdayakan oleh…”

Cara membuat tampilan blog seperti website profesional  berikutnya adalah menghilangkan kalimat “diberdayakan oleh…”. Sudah disinggung tentang tulisan “diberdayakan oleh wordpress” dapat dihilangkan. Demikian juga tulisan “diberdayakan oleh Bloggpot” bagi yang menggunakan blogspot. Dengan mengubahnya salah satu penanda bahwa blog kita merupakan blog gratisan hilang.

Ada rumor yang beredar di para blogwalker bahwa apabila tulisan itu dihilangkan maka blognya akan di-banned. Namun itu ternyata rumor belaka, banyak blogger yang telah mengubahnya namun tidak terjadi apa-apa.

4. Ganti Favicon Sendiri

Cara membuat tampilan blog seperti website berikutnya adalah mengganti Favicon. Favicon adalah icon kecil di “tab” browser saat pembaca membuka blog kita. Bila kita menggunakan platform gratisan, posisi aslinya adalah lambang blogspot ataupun wordpress.

Apabila kita ingin membuat tampilan blog kita seperti website profesional, maka gantilah favicon itu dengan icon buatan sendiri. Cara menggantinya mudah. Ubah melalui menu “tata letak” di dashboard admin blog kita. Namun tentu kita harus membuat icon kita sendiri dahulu.

Caranya membuatnya bisa dengan menggunakan aplikasi editing yang kamu kuasai. Atau kalau kita awam masalah desain begitu, kita bisa memanfaatkan web desain logo gratis seperti canva dan sejenisnya. Dengan menggunakannya bagi yang awam sekalipun dapat mendapatkan logo yang keren.

5. Gaya Penulisan yang Lebih Elegan

Cara membuat tampilan blog seperti website berikutnya adalah gaya penulisan yang baik. Punya ciri khas memanggil para pembaca blog boleh-boleh saja untuk membangun daya tarik, kedekatan dan identitas kepada pembaca. Atau memiliki gaya tersendiri dalam menulis juga boleh-boleh saja selama itu masih terlihat bagus, berkelas dan kesan pofesional.

Bahasa dan gaya penulisan yang terlalu alay justru terkadang membuat kesan blog terasa kampungan. Mungkin bagi blogger bahasa alay itu mengena bagi dirinya dan komunitasnya, namun apabila blog kita ingin dibaca khalayak yang lebih luas gunakan bahasa yang lebih umum. Namun blogger tetap boleh mempertahankan gaya bahasa yang menurut blogger bisa menjadi ciri khas.

Mungkin para blogger perlu merenungi terlebih dahulu siapa pembaca mereka agar bisa menentukan bagaimana komunikasi yang paling baik bisa digunakan dalam menyampaikan kontennya. Namun yang perlu diingat ketepatan gaya bahasa sangat menentukan tampilan web kita apakah sudah seperti web profesional atau belum.

6. Rajin Posting Konten Berkualitas

Kalau melihat isi postingannya hanya segelintir artikel tentu siapapun yang masuk ke blog kita akan illfeel, postingan yang sedikit menandakan blogger ini tidak aktif menulis. Tidak aktif menulis berati Blogger ini tidak serius blogging. Tidak serius berarti tidak profesional. Begitulah pikiran yang terlinas saat ada blog yang isinya sedikit. Maka solusinya hanya satu yaitu menulislah.

Namun sebisa mungkin diikuti dengan kualitas konten yang baik. Kualitas konten yang baik pada dasarnya ada pada isi yang memberikan manfaat bagi pembaca, orisinil, dan isinya mengandung kebenaran, hoax maupun povokasi.

Itulah 6 cara membuat tampilan blog seperti website. Dengan mempraktekannya dijamin blog Anda akan nampak seperti website profesional. Silahkan mencoba!