Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense Cocok Untuk Pemula

by
Assalamualaikum, perkenalkan saya Wiz Saputro, seseorang yang menyukai hal-hal tentang video creator. Kenal Editing Video sejak 2006 saat masih SMA, karena ada tugas akhir sekolah membuat film pendek durasi 30 menit, saat itu kenal video editor hanya sebatas movie maker dan Ulead 🙂
Kenal Youtube sendiri baru sejak tahun 2014, tidak terlalu fokus disitu namun masih terus berkelana di dunia IM mempelajari berbagai macam marketing online seperti Facebook, SEO, Affiliate, Adsense hingga Admob untuk menemukan passion yang benar-benar pas dengan kemampuan diri.

A. Pengalaman Menjadi Video Creator

Semenjak akhir tahun 2018 ikut tes Stifin, baru tahu bahwa memang ada bakat di Intuisi Introvert (Ii), yang berhubungan dengan kreativitas, perfilman, sutradara dan editing. Ngetes Ikut beberapa kontes lokal, Alhamdulillah bisa dapat nominasi.
Kontes yang saya ikuti yaitu Vlog CSR Pupuk Kaltim dan Vlog KPU Bontang pada Pilkada Serentak bulan April 2019 lalu.
wiz saputro vlog CSR PKT
Video Vlog CSR PKT membahas Produk Batik Kuntul Perak

 

Juara Favorit Vlog di TPS Pemilu 2019 cuma Pakai Smartphone Xiaomi Note 5

Video Lomba Vlog KPU Bontang
Akhirnya, sejak saat itu ingin membangun channel Youtube yang sesuai passion dan diminati pasar/ada pencarinya, sambil mempelajari bagaimana Algoritma Youtube bekerja.

B. KENAPA HARUS YOUTUBE?

Youtube sejak dibeli Google merupakan search engine video terbesar saat ini. Jadi, peluang untuk mendapat traffic atau viewer juga besar. Nah, viewer ini yang bisa Anda manfaatkan untuk bermain Adsense, Affiliate, web traffic, review produk bahkan endorse.
Menurut Youtube Press, ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui:
  1. Pengguna Youtube mencapai >1 Milyar orang
  2. Lebih dari 70% penonton Youtube melalui smartphone
  3. Tersedia lebih dari 80 bahasa lokal
  4. Channel >1 juta subscriber meningkat 75% tiap tahun
  5. Telah membayar $2 Miliar kepada Youtube Partner (periklanan)

 
Dari beberapa alasan diatas lah traffic yang didapat bisa kita monetize dan membangun kolam dan bisa akhirnya saya bisa tahu Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense Cocok Untuk Pemula.

C. KUNCI SUKSES MEMBANGUN CHANNEL YOUTUBE Untuk Pemula

Beberapa bulan terakhir ini, CEO Youtube, Tante Susan, mengupdate besar-besaran Algoritma-nya, bisa dirumuskan secara ringkas seperti ini:
RISET KEYWORD + KONTEN BERKUALITAS + THUMBNAIL EYECATCHING + JUDUL MENARIK + FOKUS NICHE + UPLOAD TERJADWAL = PENGUASA YOUTUBE
Rumus Sederhana tersebut telah saya praktekkan dan Alhamdulillah mulai berasa hasilnya di bulan ke-2, stabil diatas >1000 subs dan watch time melewati 4000 jam (syarat Adsense).
channel wiz saputro

D. Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense Cocok Untuk Pemula

 

Sambil menunggu monetize Youtube Partner Program (YPP) dan dapur harus tetap ngebul, maka ada beberapa pilihan untuk tetap bisa Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense yang Cocok Untuk Pemula. Diantaranya yaitu:

  1. Affiliate Marketing

Bagi saya ini adalah cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari Youtube Tanpa Adsense yang pertama.

Jadi sistemnya, kita cari produk digital yang menyediakan komisi dengan mengambil link affiliate yang mereka sediakan.

Bagi hasil biasanya mulai 25%-75% dari harga produk yang ditawarkan atau komisi yang telah produk owner tentukan.

Misalnya harga produk 100 ribu dan komisi affiliate 50 ribu setiap terjadi penjualan, maka jika kita berhasil menjual produk tersebut melalui link affiliate kita, maka kita berhak mendapatkan komisi.

Pembayaran komisi biasanya ditransfer per bulan dengan total akumulasi penjualan bulanan yang telah kita dapatkan dan bisa dicek melalui statistika member area. Berikut contoh data statistik sales.

Traffic diatas murni dari Channel Youtube yang saya kelola, caranya cukup mudah dengan riset keyword tertentu kita bisa menguasai Halaman Pertama Youtube.
Saya masukkan link WA agar traffic yang berminat bisa langsung saya chat agar bisa mengarah ke link affiliate yang telah saya siapkan.
Nah, pada studi kasus diatas saya menggunakan produk digital latihansoal.com untuk mempromosikan latihan soal tes CPNS yang tiap tahun jumlah pelamar mencapai jutaan orang.
Alhamdulillah, hasilnya lumayan, komisi yang saya dapatkan 50 ribu per sales, jadi total yang saya terima sudah sekitar 1,850 Juta untuk 35 member berbayar. Mantap kan!

2. Menjual Produk Fisik

Di channel Youtube saya yang lain lain, membahas tentang produk kesehatan, ada salah satu video yang tembus hingga 612 ribu views, nah saya manfaatkan untuk kerjasama dengan distributor produk kesehatan tersebut untuk berbagi hasil. 

 

Profit untuk produk fisik memang tidak terlalu besar, hanya sekitar 35 ribu per sales, saya hanya men-drive traffic ke link WA CS rekan bisnis saya, nanti rekan saya melaporkan apabila terjadi sales yang sumber traffic nya dari channel Youtube saya tersebut.

Disclaimer : Materi dalam artikel ini adalah 100% pengalaman sendiri, hasil bisa berbeda-beda pada setiap channel yang Anda bangun.