Cara Mengetahui Pemilik Domain Website Mudah dan Gratis

by
cara mengetahui pemilik domain website

Bagi orang awam sebuah website hanyalah sekumpulan data saja yang disajikan dalam bentuk informasi. Tapi bagi orang yang paham betul tentang website, maka arti sebuah website lebih dalam dari itu. Tidak jarang orang-orang yang sudah profesional ini melihat secara detail isi dari websitenya. Bahkan ada yang mencari cara mengetahui pemilik domain website karena berbagai alasan.

Alasan Orang Mencari Pemilik Domain Website

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa banyak orang yang mencari cara mengetahui pemilik domain untuk beragam alasan. Untuk alasan yang pertama adalah menambah relasi dalam media internet. Relasi ini sangat berfungsi apabila seseorang ingin menitipkan backlink, memasang iklan atau lain-lain. Jadi jelas alasan utama mengapa orang sampai mencari pemilik domainnya adalah karena mencari relasi.

Alasan kedua mengapa orang mencari pemilik domain adalah membangun sebuah kerja sama. Hampir sama dengan pembahasan sebelumnya, namun alasan kali ini lebih profesional. Dimana orang tersebut akan langsung menghubungi pemilik domain untuk menawarkan kerja sama setelah tahu siapa pemiliknya.

Selanjutnya untuk dijadikan bahan referensi. Dengan menelusuri latar belakang si pemilik domain, mungkin seseorang bisa mempelajari bagaimana caranya agar bisa membuat website sukses seperti itu. Tidak dalam artian yang buruk, hanya menjadikan si pemilik domain ini sebagai inspirasi serta contoh bagaimana caranya agar bisa membangun web dengan baik.

Terakhir adalah untuk menawarkan suatu produk. Ini biasanya berfungsi untuk para content creator yang ingin membangun kerja sama dengan sebuah website terkenal. Karenanya para creator ini berusaha untuk mencari pemilik domain agar bisa menawarkan produknya. Itulah beberapa alasan mengapa orang sampai mencari cara mengetahui pemilik domain.

Cara Mengetahui Pemilik Domain Website Menggunakan Mesin Pencarian

Setelah mengetahui alasannya kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui pemilik domain dengan mudah dan tanpa biaya sama sekali. Di bawah ini akan diberikan penjelasan bagaimana cara-caranya dan langkahnya yang dibahas dengan mudah agar dapat langsung diikuti. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Membuka Situs Pencarian

Pertama adalah dengan membuka website atau aplikasi yang menyediakan jasa pencarian domain website. Tidak perlu khawatir akan merasa kesulitan karena yang seperti ini sudah banyak tersedia baik dalam bentuk aplikasi maupun website. Dalam bentuk aplikasi salah satu yang terkenal adalah WHOIS dan dalam bentuk website salah satu yang terkenal ada cekdomain.net.

2. Mengklik Tanda Search

Cara mengetahui pemilik domain yang kedua bisa dilakukan setelah pengguna menentukan akan menggunakan aplikasi atau website. Setelahnya pengguna bisa langsung membuka mesin pencarian tersebut lalu klik tanda search. Tapi apabila sudah langsung tersedia tombol mencari maka hal ini bisa dilewatkan dan langsung menuju ke cara yang selanjutnya.

3. Menuliskan IP Address dari Website

Masukkan ip address ataupun url dari website yang ingin dicari informasinya. Caranya gampang cukup buka website yang ingin dicari nama pemiliknya lalu copy link urlnya. Setelahnya paste link url tersebut di laman pencarian si website atau aplikasi ini. Setelah memastikan dengan benar bahwa itu website yang ingin dicari, maka pengguna tinggal menekan tombol search saja.

4. Menunggu Pencarian

Setelah selesai memencet tombol search pengguna diminta untuk menunggu beberapa saat karena sedang pencarian dalam proses database. Meskipun mencari dalam jutaan database, tapi pengguna tidak perlu khawatir karena hasilnya hanya sepersekian detik saja. Bahkan apabila pengguna ingin meninggalkan laman untuk membuka tab dan mengerjakan hal baru juga tidak masalah.

5. Mendapatkan Hasil

Apabila proses pencarian telah selesai maka pengguna pun bisa mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa proses ini bersifat real time jadi tidak perlu menunggu lama. Untuk hasil yang ditampilkan sendiri merupakan hasil yang terbaru. Karena memang pihak website ataupun aplikasi selalu memperbarui databasenya jadi jangan takut mendapatkan informasi basi.

6. Mencatat Informasi yang Dibutuhkan

Sekarang setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang siapa pemilik domainnya, maka tidak ada salahnya untuk mencatat hasil tersebut. Khawatir akan terjadinya lupa. Karena biasanya orang yang mencari tau siapa pemilik domain tentu memiliki niat dan bukan hanya sekedar iseng. Jadi simpanlah hasil tersebut dengan cara dicatat ataupun difoto.

7. Menghubungi Pemilik Domain (Optional)

Cara terakhir ini bersifat optional dan tidak masalah jika tidak dilakukan. Tapi untuk yang mencari pemilik domain untuk menawarkan kerja sama dan mencari relasi maka hal ini perlu dilakukan. Karena biasanya dari aplikasi atau website pencari akan memberikan data yang lengkap termasuk kontak yang bisa dihubungi seperti email.

Itulah tadi langkah demi langkah yang dijelaskan terkait bagaimana cara mengetahui pemilik domain website. Bagaimana caranya mudah bukan? Jadi tidak sabar ingin segera menerapkan untuk mengetahui siapa pemilik domain website yang sangat disukai. Untuk memanfaatkan fasilitas pencarian ini juga tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya karena bersifat gratis. Selamat mencoba.