Cara Menjual Foto di Istockphoto Agar Bisa Mendapatkan Bayaran dari Foto

by
cara menjual foto di istockphoto

Memiliki hobi fotografi di era digital ini sepertinya dapat memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah menambah penghasilan. Hal ini dikarenakan sudah banyak website yang memperhitungkan hak cipta dan membuat hasil foto lebih dihargai seperti istockphoto. Website tersebut membayar cukup lumayan untuk sebuah hasil foto, lalu bagaimana cara menjual foto di istockphoto?

Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjual Foto Di Istockphoto

Sekarang masuk ke pembahasan utama yakni cara menjual fotonya. Tapi sebelum itu di tutorial kali ini juga akan dibahas langkahnya dari awal termasuk cara mendaftar dan ketentuan upload fotonya. Pasti bermanfaat dan mudah banget ditiru deh langkah-langkah yang ada di bawah ini. Langsung saja disimak

1. Membuka Website Resmi

Membuka website resmi atau mendownload aplikasinya merupakan cara menjual foto di istockphoto yang pertama. Karena bersifat internasional dan sudah dikenal banyak orang, maka menemukan website ini tidak akan sulit. Cukup ketikan istockphoto di laman mesin pencari apabila tidak mengetahui url website resminya, lalu nanti websitenya akan langsung keluar.

2. Mendaftar Akun

Selanjutnya adalah pilih mendaftar akun. Pilihan ini akan muncul di awal pertama kali membuka website. Nantinya akan ada dua pilihan yakni sign in bagi yang memang sudah terdaftar atau sign up bagi yang baru ingin mendaftar. Dalam proses mendaftar ini pengguna akan disuguhkan berbagai macam cara.

3. Mengisi Data Diri

Ini merupakan proses lanjutan dari proses mendaftar sebelumnya dimana pengguna diminta mengisikan data diri. Untuk pengisian data diri ini tidak terlalu mendetail dan tidak bersifat mengganggu privasi. Hanya mengisi nama, gender, alamat kontak yang masih aktif seperti no telpon atau email. Isikan dengan baik terutama di bagian email dan password karena itu akan digunakan saat proses sign in.

4. Melakukan Proses Pengaktifan Akun

Dalam hal mengisi alamat email, pastikan alamat email yang diisi masih aktif karena hal tersebut berfungsi saat hendak melakukan verifikasi. Setelah proses mendaftar dan mengisi data diri selesai, maka pengguna akan diminta untuk mengaktifkan akunnya dengan cara verifikasi yang dikirimkan via email. Nanti pengguna tinggal mengikuti panduannya saja.

5. Mempersiapkan Foto

Proses ini dilakukan apabila proses mendaftar di istock telah benar-benar selesai dan akunnya sudah bisa digunakan. Jadi langkah selanjutnya adalah pengguna harus memilih foto mana yang akan diupload. Karena ini merupakan foto perdana, maka pastikan kualitas foto benar-benar bagus dan minim cacat. Pastikan juga resolusi dan hal lainnya agar bisa menarik minat pembeli.

6. Mengupload Foto

Sesudah menemukan foto mana yang tepat, maka sekarang saatnya mengupload foto tersebut. Pengguna tinggal kembali lagi ke website istockphoto dan memilih menu upload konten. Lalu upload lah foto yang sebelumnya sudah dipilih. Untuk upload pertama ini bersifat sebagai bahan pertimbangan istock untuk menilai apakah penggunanya layak atau tidak menjadi kontributor.

7. Mengisi Judul dan Tag untuk Foto

Cara menjual foto di istockphoto selanjutnya adalah mengisi judul dan tag untuk foto. Proses yang satu ini merupakan proses penting dalam penjualan foto di istock karena keduanya berfungsi agar foto mudah ditemukan. Tentukan judul dan tag foto yang benar-benar sesuai agar saat pembeli mencari, maka foto itulah yang akan keluar di halaman awal.

8. Menunggu Proses Upload

Terakhir adalah menunggu proses upload, dan menunggu apakah pengguna layak menjadi kontributor. Tidak perlu khawatir apabila cara-cara di atas sudah dilakukan dengan benar, maka bisa dipastikan lulus. Setelah lulus inilah pengguna sudah sah menjadi kontributor dan bisa langsung menjual foto-foto lainnyanya di istock.

Proses Menjadi Kontributor Tetap Di Istockphoto

Meskipun sudah mendaftar dan sudah diterima menjadi kontributor oleh istock, bukan berarti pengguna bisa bersikap seenaknya. Ada beberapa proses yang bisa dilakukan agar pengguna bisa menjadi kontributor tetap yang pastinya memberikan banyak keuntungan. Beberapa proses ataupun hal yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah sebagai berikut.

Konsisten. Pertama tentu pengguna harus bersifat konsisten dalam hal mengupload gambar. Konsisten disini dalam arti waktu upload yang tidak hilang timbul, dan jangan lupa juga kualitas gambarnya. Dengan konsistensi ini akan memudahkan agar foto si penggunanya bisa ditemukan dengan mudah dan tidak tertumpuk dengan foto dari pengguna lainnya.

Menjual Gambar dengan Ketentuan Minimal. Ini merupakan syarat lain agar bisa diangkat menjadi kontributor tetap yakni dengan menjual gambar sesuai ketentuan minimum. Manfaatnya adalah istock akan melihat pengguna sebagai kontributor premium dan gambarnya akan lebih diutamakan dibanding gambar yang lainnya.

Tidak Melanggar Peraturan. Terakhir dan yang paling penting adalah jangan pernah melanggar peraturan dari istockphoto. Jangan pernah mengupload foto yang bersifat rasis, menghina, dan menyinggung pihak tertentu. Tidak boleh juga mengupload foto yang merupakan hasil dari plagiasi. Apabila hal tersebut dilakukan, maka bisa dipastikan pengguna akan langsung diputus dan akunnya dihapus oleh istockphoto.

Ternyata cara menjual foto di istockphoto sangat mudah sekali dilakukan prosesnya. Karena bersifat internasional, maka website ini membayar penggunanya menggunakan dolar. Agar bisa menjadi kontributor tetap pastikan untuk rutin melakukan upload foto dengan kualitas terbaik. Hal ini dilakukan agar istock bisa melihat pengguna sebagai kontributor konsisten.