Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Menggunakan Beberapa Cara Tanpa Root

by

Ada beberapa alasan mengapa seorang pengguna android hendak menyembunyikan aplikasi yang ada di handphone. Apapun alasannya, pastilah itu demi kebaikan si pengguna. Karenanya tidak heran jika banyak pengguna yang mencari cara menyembunyikan aplikasi di Android, seperti pembahasan di bawah ini yang caranya sama sekali tidak menggunakan root.

Menyembunyikan Aplikasi di Android Menggunakan Launcher Tambahan

Cara yang pertama adalah pengguna bisa menggunakan launcer tambahan sebagai fasilitator penyembunyian aplikasi. Selain bisa menyembunyikan aplikasi, launcher tambahan ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya jadi pengguna tidak akan rugi bila mendownloadnya. Untuk cara menyembunyikan aplikasi di android menggunakan launcher tambahan bisa dilihat di bawah ini.

1. Mendownload Launcher

Pertama adalah pengguna harus mendownload atau mengunduh terlebih dahulu launcher tambahan yang hendak digunakan. Sebelum mendownload launcher ini pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan, dan lihat apakah ada fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Apabila sudah ketemu, maka tinggal mendownload launcher itu saja.

2. Menginstal Launcher

Kedua adalah menginstal launcher tersebut yang akan langsung disediakan pilihannya tepat setelah aplikasi selesai di download. Proses instal ini biasanya membutuhkan waktu beberapa detik saja jadi tidak usah khawatir. Apabila sudah selesai, maka pilihlah launcher ini sebagai launcher utama yang akan digunakan agar proses selanjutnya jauh lebih mudah.

3. Memilih Menu Hide Apps

Ketika pengguna sudah mengatur launcher tersebut sebagai launcher utama, maka tampilan layar depan handphone pengguna otomatis akan berganti. Nantinya pengguna bisa langsung memilih menu menyembunyikan aplikasi yang memang merupakan fitur dari launcher. Caranya sangat mudah tinggal pilih menu titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih sembunyikan aplikasi.

4. Memilih Aplikasi Apa yang Hendak Disembunyikan

Pada cara ini nantinya pengguna akan dibawa ke proses lanjutan dari menu sebelumnya yakni menyembunyikan aplikasi dimana pengguna harus memilih aplikasi apa yang hendak disembunyikan. Pilihlah aplikasi yang dirasa tepat dan memang ingin disembunyikan. Dalam proses ini pengguna bisa memilih lebih dari satu aplikasi jadi prosesnya akan lebih singkat.

5. Menyelesaikan Proses Penyembunyian

Sesudah memilih aplikasi apa yang hendak disembunyikan, maka langkah terakhir ini hanya tinggal penyelesaiannya saja. Pengguna cukup memilih tombol ok atau selesai pada proses pemilihan aplikasi sebelumnya. Setelahnya pengguna bisa langsung melihat bahwa aplikasi tadi sudah tidak muncul di menu utama. Selamat prosesnya telah selesai.

Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Aplikasi Tambahan

Bila sebelumnya menggunakan aplikasi tambahan berupa launcher, maka aplikasi yang akan digunakan kali ini benar-benar aplikasi yang fokus ke penyembunyian saja. Pengguna bisa mencari aplikasi seperti ini di laman mesin pencari dan bisa langsung mendownloadnya saja. Setelah mendownload tunggu beberapa saat sampai proses penginstalan selesai dan mulai menyembunyikan aplikasi.

Cara selanjutnya adalah pengguna tinggal membuka aplikasi tersebut, dan memilih menu tambahkan aplikasi yang akan disembunyikan. Untuk cara-cara selanjutnya hampir mirip dengan cara penggunaan launcher. Dimana pengguna hanya tinggal memilih aplikasi yang hendak disembunyikan dan menyelesaikan proses penyembunyian dan selesai.

Perbedaan dari kedua proses itu hanya pada tahap awalnya saja. Dimana launcher perlu diatur terlebih dahulu untuk menjadi launcher utama, sementara aplikasi tidak perlu melalui proses itu. Tapi sisanya seperti pembahasan cara menyembunyikan aplikasi di android sebelumnya hampir sama semua.

Mengapa Tanpa Root

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa kedua tutorial di atas bisa dilakukan tanpa root. Kanapa tanpa root? Karena ada beberapa alasan lebih baik melakukan sesuatu tanpa root. Alasan tersebut seperti root sedikit kurang ramah apabila dilakukan oleh pemula yang belum berpengalaman. Karena kalau gagal, handphone terancam rusak total. Selain itu ada beberapa alasan lain diantaranya.

Mempertahankan garansi, apabila sudah melakukan root maka sudah dipastikan bahwa garansi handphone otomatis langsung hangus. Tidak peduli masih sisa berapa lama pun waktu garansinya apabila handphone sudah di root dan terjadi kerusakan maka sudah tidak ditanggung oleh garansi. Jadi jika pengguna tidak melakukan root pada handphonenya maka garansi akan aman.

Meminimalisir celah keamanan adalah hal kedua yang menjadi manfaat apabila handphone tidak di root sama sekali. Karena biasanya apabila sudah melakukan root, maka otomatis perubahan dilakukan secara menyeluruh. Hal itu termasuk sistem keamanan yang juga mengalami pergantian yang bisa membahayakan handphone.

Karena root berarti mengubah seluruh sistem termasuk sistem bawaan, maka nantinya akan menimbulkan masalah saat hendak update sistem operasi. Karena meskipun sudah mendapatkan update sistem, tapi saat hendak melaksanakan update akan terus ditolak. Apalagi kalau ingin melakukan sistem updatenya menggunakan ota (on the air) pasti akan selalu gagal.

Sekian pembahasan terkait dua cara menyembunyikan aplikasi di android yang dapat dengan mudah dilakukan dan bisa dilakukan tanpa root sama sekali. Serta alasan mengapa sebaiknya tidak melakukan root, apalagi hanya untuk sekedar menyembunyikan aplikasi saja. Cara di atas bisa langsung dilakukan dengan mudah dan prakteknya tidak memakan banyak waktu.