Cara Pasang Iklan Di WordPress Gratisan Dan Beberapa Plugin Yang Bisa Digunakan

by
cara pasang iklan di wordpress gratisan

Memasang iklan di wordpress memang memberikan banyak keuntungan. Karenanya tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa melakukannya. Meskipun begitu, iklan ini terkadang bersifat memberatkan karena membuat seseorang harus membayar. Padahal ada cara pasang iklan di wordpress gratisan, yang sayangnya belum banyak diketahui masyarakat.

Cara Pasang Iklan Di WordPress Gratisan Secara Umum

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa ada cara pasang iklan di wordpress gratisan. Hal yang tentunya wajib untuk diketahui oleh para pengguna internet khususnya pemilik website berdomain utama wordpress. Karena dengan memasang iklan secara gratis ini, seseorang tidak perlu lagi dipusingkan dengan tagihan dari biaya memasang iklan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Mencari Plugin

Ini adalah cara yang pertama dimana seseorang harus mencari terlebih dahulu plugin mana yang hendak digunakannya. Tentunya dalam mencari dan memilih plugin ini diperlukan beberapa pertimbangan yang matang. Untuk sekarang, para pengguna wordpress tidak perlu khawatir karena sudah banyak plugin yang menyediakan fitur gratis untuk para penggunanya.

2. Menginstal Plugin yang Diinginkan

Setelah mengetahui plugin apa yang ingin digunakan, kini saatnya untuk menginstal plugin tersebut ke wordpress yang dimiliki. Untuk cara menginstal ini ada tiga yaitu dengan instal di admin, wordpress plugin search, dan yang terakhir menggunakan FTP. Kesemua cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan, namun untuk pemula ada baiknya menggunakan metode wordpress plugin search.

3. Menambahkan Nama Plugin yang Ingin Digunakan

Baik itu menggunakan cara upload di admin, wordpress plugin search, ataupun FTP semuanya sama-sama mengharuskan penggunanya menaruh nama plugin di wordpress. Pertama buka menu wordpress lalu cari menu plugins. Setelah ketemu, pilih tambahkan baru atau add new lalu ketikkan nama plugin. Untuk cara upload di admin, drag dan drop filenya di kolom tersebut.

4. Melakukan Beberapa Konfigurasi

Apabila sudah, nantinya pengguna akan dibawa ke sub menu yang baru. Nantinya sub menu ini akan berisikan nama plugin yang sudah terinstal tadi. Pada saat ini melakukan konfigurasi adalah sebuah keharusan. Tapi untuk langkah yang ini bersifat optional tergantung dengan plugin yang digunakan. Karena ada beberapa plugin yang bisa melakukan konfigurasi sendiri.

5. Kembali Ke Halaman Pengaturan

Setelahnya pengguna bisa kembali ke halaman utama ataupun dashboard pada wordpress. Kembali ke menu plugin, lalu lihat apakah sudah ada plugin yang terdaftar. Apabila sudah ada kata activated plugin, dan jumlahnya bertambah dari sebelumnya, maka sudah berhasil. Tenang saja, apabila sedari awal mengikuti cara ini, maka pasti plugin akan berhasil terpasang.

6. Membuka Plugin yang Ingin Digunakan

Ketika pengaturan pada wordpress telah selesai, kini saatnya pengguna untuk membuka plugin yang ingin digunakan. Masuklah ke menu utama plugin sebagai cara pasang iklan gratis di wordpress gratisan selanjutnya. Lalu masuklah ke menu pengaturan, pada saat ini pengaturan sepenuhnya akan dilakukan di menu pluginnya.

7. Melakukan Pengaturan di Halaman Plugin Penambah Iklan

Pada cara yang terakhir ini, pengguna bisa mengatur iklan yang dipasang pada wordpressnya secara gratisan. Karena bersifat gratis biasanya jumlah slot iklan terbatas, tapi tenang masih cukup banyak. Dalam mengatur iklan ini akan ada menu pengaturan tata letak, ukuran ,serta durasi. Setelah selesai, tinggal pilih simpan pengaturan dan iklan akan terpasang.

Daftar Plugin yang Bisa Digunakan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa ada beberapa plugin yang bisa digunakan dalam cara pasang iklan gratisan di wordpress. Beberapa plugin tersebut, meskipun gratisan tapi fiturnya masih cukup lengkap. Tidak hanya itu slot yang diberikan juga masih cukup banyak. Berikut ini plugin gratisan nya yang bisa dipakai.

1. Ad Inserter

Pertama dan yang terbaik adalah ad inserter. Sebuah plugin yang terkenal ramah terhadap kantong penggunanya. Memiliki dua fitur keanggotaan yang gratis ataupun berbayar. Meskipun berbayar, tapi bayaran di plugin ini dimulai dari harga yang tidak terlalu mahal. Soal tools dan fiturnya, plugin ini tidak perlu diragukan lagi.

2. WP-Rotate

Kedua ada yang memberikan banyak fitur cukup lengkap. Bahkan ada fiturnya yang memungkinkan pengguna untuk melihat traffic iklannya dan menganalisa hal tersebut. Tidak hanya itu saja, plugin ini memungkinkan seseorang menggunakannya dengan 20 widget secara berbarengan. Untuk yang gratisan fiturnya sudah terbilang mengagumkan.

3. AdRotate

Terakhir ada adrotate yang mendukung banyak iklan salah satunya adsense. Selain itu dengan menggunakan ad rotate dapat memungkinkan pengguna mengatur kapan iklan tersebut akan tayang. Adrotate juga menyediakan fitur monitoring melalui ponsel yang pemberitahuannya diberikan lewat email penggunanya. Fitur yang terbilang lengkap, ramah dan canggih untuk pengguna gratisan.

Ternyata langkah yang harus dilakukan dalam cara pasang iklan di wordpress gratisan tidak sesulit kelihatannya. Bahkan ada beberapa plugin yang mendukung hal ini sehingga dapat memudahkan penggunanya. Dengan memasang iklan gratisan ini tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya.