Cara Update SDK 26 di Android Studio

by
update-sdk-26-android-8-oreo

Cara Update SDK 26 di Android Studio – Dengan adanya update terbaru dari Google Play, Anda diminta untuk memperbarui versi target Sdk Anda untuk menghadapi fitur Android 8.0. Berikuat akan kami jelaskan cara mengaktifkan dukungan penuh untuk Android 8.0 (API level 26) dengan memperbarui targetSdkVersion ke 26 dan menambahkan fitur baru yang tersedia di Android 8.0.

Selain menawarkan Anda API baru, Android 8.0 juga memperkenalkan beberapa perubahan saat Anda memperbarui targetSdkVersion menjadi level 26. Karena beberapa perubahan mungkin memerlukan perubahan coding untuk menghindari kerusakan, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana aplikasi Anda mungkin terpengaruh ketika Anda mengubah targetSdkVersion untuk aplikasi yang menargetkan Android 8.0.

Dapatkan SDK Android 8.0 sekarang

Anda bisa mendapatkan paket SDK untuk membangun aplikasi Anda dengan Android 8.0 (API level 26) menggunakan versi terbaru dari Android Studio (disarankan Android Studio 3.0+). Android Studio 3.0+ menyertakan alat untuk membantu Anda dengan fitur Android 8.0 seperti ikon adaptif dan font yang dapat Anda unduh. Jika Anda belum membutuhkan fitur tersebut, Anda dapat menggunakan versi stabil Android Studio v 2.3.3 untuk membuat aplikasi Android 8.0 dan dengan menggunakan API baru.

Persiapan Android Studio versi berapa pun, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Android Studio dan buka SDK Manager dengan mengklik Alat> Manajer SDK.
  2. Di tab Platform SDK, centang Tampilkan Detail Paket. Di bawah Android 8.0 Preview, coba periksa hal-hal berikut:
    • Platform Android SDK 26
    • Google API Intel x86 Atom System Image (hanya untuk emulator)

3. Beralih ke tab Alat SDK dan periksa semua item yang memiliki pembaruan yang telah tersedia (klik setiap kotak centang yang       menunjukkan tanda (-). Harus menyertakan versi terbaru dari item berikut:

  • SDK Android Build-Tools 26.0.0
  • Platform Android SDK-Alat 26.0.0
  • Android Emulator 26.0.0

4. Klik OK untuk menginstal semua paket SDK yang dipilih.

Sekarang Anda telah siap untuk mulai membuat aplikasi dengan Android 8.0.

Perbarui konfigurasi build Anda

Perbarui compileSdkVersion, targetSdkVersion, dan versi Dukungan Perpustakaan ke revisi terbaru yang tersedia, misalnya:

android {
  compileSdkVersion 26

  defaultConfig {
    targetSdkVersion 26
  }
  ...
}

dependencies {
  compile 'com.android.support:appcompat-v7:27.1.1'
}

// REQUIRED: Google's new Maven repo is required for the latest
// support library that is compatible with Android 8.0
repositories {
    google()

    // If you're using a version of Gradle lower than 4.1, you must instead use:
    // maven {
    //     url 'https://maven.google.com'
    // }
}

Hapus penerima siaran dari file manifes Anda

Karena Android 8.0 (API level 26) memperkenalkan batasan baru untuk receiver siaran, Anda harus menghapus setiap penerima siaran yang terdaftar dengan maksud siaran implisit. Membiarkan hal itu tidak merusak aplikasi Anda pada saat build atau saat berjalan, dan juga tidak berpengaruh ketika aplikasi Anda berjalan di Android 8.0.

Maksud siaran eksplisit — hanya yang dapat ditanggapi oleh aplikasi Anda — terus berfungsi sama di Android 8.0.

Ada pengecualian untuk pembatasan baru ini. Untuk daftar siaran implisit yang masih berfungsi di aplikasi yang menargetkan Android 8.0, lihat Pengecualian Siaran Implisit.

Uji aplikasi Android 8.0 Anda

Dengan selesainya persiapan di atas, Anda dapat membuat aplikasi dan kemudian mengujinya lebih lanjut untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik ketika menargetkan Android 8.0 Oreo (API level 26). Ini adalah saat yang tepat untuk meninjau Pedoman Kualitas Aplikasi Inti dan Praktik Terbaik untuk Pengujian.

Ketika Anda membuat aplikasi dengan targetSdkVersion yang diatur ke level 26, ada perubahan spesifik platform yang harus Anda ketahui. Beberapa perubahan ini dapat memengaruhi perilaku aplikasi Anda secara signifikan atau bahkan merusak aplikasi Anda, meskipun Anda tidak menerapkan fitur baru di Android 8.0.

Apps & Game Developer. ASO Guy. Graphic Designer. Civil Servant.