Cara Upload WordPress Ke Hosting Yang Sangat Mudah Dilakukan

by
cara upload wordpress ke hosting

Situs wordpress yang sudah mempunyai tampilan kece tentunya harus disebar luaskan. Menyebar luaskan situs wordpress sendiri bisa dilakukan dengan cara mengupload wordpress ke hosting. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana caranya mengupload wordpress ke hosting. Berikut ini adalah cara upload wordpress ke hosting  yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh sendiri.

1. Membuat Database Terlebih Dahulu Melalui MySQL Database Di Cpanel

Jika sebelumnya kamu belum membuat database pada server, maka buatlah terlebih dahulu database mysql. Di cpanel mysql database lah pembuatan database tersebut bisa dilakukan. Jika sudah membuat database, maka nama database, username serta password pun akan didapatkan.

2. Membackup Database Komputer Lokal

Setelah database dibuat, maka langkah selanutnya adalah membackup database komputer lokal. Caranya adalah dari drop down menu database pilihlah database wordpress yang ingin diupload. Setelah jika database sudah dipilih dan sudah menampilkan table maka klik tombol export. Kemudian pilih select all lalu centang kotak yang bertuliskan add drop table. Setelah itu centang kotak yang bertuliskan save as file lalu tekan tombol go dibagian kanan bawah browser. Jika cara-cara tersebut sudah dilkukan, maka akan keluar konfirmasi penyimpanan ke lokal komputer.

3. Import Database Melalui Phpmyadmin Di Cpanel

cara upload wordpress ke hosting yang selanjutnya adalah mengimport database melalui phpmyadmin di cpanel. Caranya sendiri sangat mudah sekali yakni buka menu pada phpmyadmin pada cpanel. Setelah itu pilihlah database dengan nama wordpress sesuai dengan cara pertama yang sudah dilakukan. Jika database sudah dipilih, langkah selanjutnya adalah klik tombol import serta browse file backup database lalu klik go untuk mengimport.

4. Upload File

Jika cara di atas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengupload file. Alangkah baiknya file di upload dengan format zip. Jadi pastikan semua file disatukan dalam format zip terlebih dahulu sebelum di upload. Untuk mempercepat proses upload, maka gunakanlah ftp atau filezilla. Agar aplikasi tersebut bisa diakses lebih mudah di http://yourdomain.com/ atau ingin menjadikan wordpress sebagai web utama, maka uploadlah file zip wordpress pada directori/public_html.

Jika sudah selesai, maka kembali login ke cpanel setelah itu klik file manager. Kemudian carilah file yang sudah di upload pada dorectori puublic_html. Setelah itu klik kanan pada file tersebut kemudian extract file tersebut.

5. Setting File wp-config.php

Meskipun wordpress sudah di upload, namun proses tidak selesai sampai disana. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mensetting file wp-config.php. Karena meskipun sudah di upload, biasanya saat mengakses web akan menemukan kesalahan. Hal tersebut dikarenakan file wp-config.php yang berasal dari server lokal.

File dari wp-config.php sendiri berisikan berbagai macam informasi mengenai nama, user, serta paswordd database yang dibuat pada account hosting. Maka dari itu, nama, user, serta password harus diubah. Pengubahan tersebut sangat mudah sekali yakni dengan cara buka cpanel lalu klik file manager yang dimiliki. Setelah itu carilah file dari wp-config.php yang  berada di root directory wordpress. Jika sudah ditemukan maka klik kanan pada file kemudian klik code edit. Setelah itu ubah lah baris code sesuai dengan informasi yang dibuat pada cara pertama.

6. Mengedit Database Mysql Pada Server Online

Cara upload wordpress ke hosting yang terakhir adalah mengedit database mysql pada server online. Cara ini merupakan cara terakhir dan merupakan cara yang sangat penting untuk dilakukan. Yakni harus mengedit database agar bisa terhubung dengan file wordpres. Caranya pun sangat mudah sekali yakni cukup mengubah URL dari http://localhost/wordpress284/ menjadi http://www.namaDomainAnda.com’.

Situs tidak akan ditampilkan apabila cara di atas tidak dilakukan. Hal tersebut dikarenakan file wordpress dengan database tidak bisa dipisahkan. Adapun cara mengubah database yakni dengan menjalankan phpmyadmin pada control panel. Setelah itu klik nama database yang kamu miliki. Kemudian klik table wp_options. Setelah itu akan muncul tampilan baru kemudian klik browse.

Kemudian editlah pada bagian entri yakni pada kolom option-name. Setelah itu klik edit atau gambar yang menyerupai pena untuk mengedit. Setelah itu ubahlah option_value dengan http://www.namadomainyangkamumiliki.com. Selain itu edit juga bagian home pada kolom yang sama. Jika home tidak ditemukan, klik tanda panah yang berada di bawah tabel. Adapun cara untuk mengeditnya, tidak jauh dengan mengedit entri siteurl.

Itulah cara upload wordpress ke hosting yang sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Dengan mengupload wordpress ke hosting, maka situs wordpress yang dimiliki pun bisa dengan mudah diakses oleh semua orang dengan mudah dan cepat. Selain itu, karya yang sudah dibuat oleh kamu pun bisa dinikmati luas oleh orang lain. Jadi tidak perlu pusing lagi dengan mengupload wordpress ke hosting, karena cara di atas sangat mudah sekali untuk dilakukan sendiri.