Font Yang Bagus Untuk Website dan Cara Penggunaannya

by
font yang bagus untuk website

Desain sebuah website tidak hanya soal pilihan warna yang tepat, tapi termasuk font yang digunakan. Berbicara soal font yang bagus untuk website, saat ini ada banyak sekali pilihan font yang bisa dipilih sesuai keinginan. Dari sekian banyak rekomendasi font untuk website, ada beberapa font unggulan untuk mempercantik tampilan website.

1. Futura BT

Rekomendasi pertama adalah font Futura yang merupakan karya dari Paul Renner dan pertama kali rilis pada 1927 silam. Font ini memiliki ciri khas pada bentuk geometrik lingkarannya dan disesuaikan dengan desain Bauhaus pada saat itu. Salah satu brand terkenal yang menggunakan font ini adalah Volkswagen atau VWF.

Untuk dapat menggunakan font ini, pengguna harus membelinya terlebih dahulu di website https://www.fonts.com/font/bitstream/futura-bt. Pada menu Fonts akan disediakan banyak sekali pilihan variasinya, namun agar lebih hemat bisa membeli paket lengkap di menu Packages. Selanjutnya tinggal mengupload secara manual di cPanel atau bisa menggunakan plugin WP.

2. Gotham

Masih satu keluarga dengan font yang bagus untuk website, yaitu Sans Serif model geometris. Rilis pada tahun 2000, font ini pernah dipakai salah satu media social Twitter dan pernah menjadi font tulisan Piala Dunia 2014. Desain font ini relatif lebar dan tinggi dengan bentuk yang terinspirasi oleh rambu arsitektural.

Cara mengaplikasikan font ini cukup mudah, yaitu tinggal mengunjungi salah satu website yang menyediakannya di https://www.typography.com/fonts/gotham/overview. Di website tersebut sudah lengkap dengan tampilan preview, cara menggunakan hingga packages untuk lebih hemat. Font ini cocok dikombinasikan dengan Open Sans, Roboto hingga Futura.

3. Open Sans

Karakteristik dari font ini adalah khas dengan tekanan tegaknya, penampilan yang netral dan bersahabat hingga bentuknya terbuka. Kemudahan dalam dibaca menjadi keunggulannya dan cocok untuk memperindah tampilan antar muka suatu website. Secara umum, font ini terbagi atas beberapa macam, yaitu Light, Regular, Semi-Bold, Bold dan Extra-Bold.

Cara mengaplikasikan font Open Sans adalah kunjungi terlebih dahulu websitenya di https://fonts.google.com/specimen/Open+Sans. Klik tombol Select This Font, kemudian klik tab 1 Family Selected. Nantinya sudah ada script yang bisa digunakan untuk di website baik melalui HTML ataupu CSS. Bisa juga melakukan custom font pada tab menu Customize.

4. Droid Sans

Menjadi font family yang pertama kali rilis dan merupakan buatan Ascender Corporation yang tadinya digunakan untuk platform Android. Seiring berjalannya waktu, Droid Sans juga ada versi penggunaan untuk website untuk mempercantik desainnya. Secara umum, style individual font ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu versi WGL Reular dan versi WGL Bold.

Font ini dapat pengguna beli dan gunakan secara legal melalui website https://www.fonts.com/font/ascender/droid-sans/wgl-regular untuk versi regular. Jika ingin versi bold bisa mengunjungi di https://www.fonts.com/font/ascender/droid-sans/wgl-bold. Font yang bagus untuk website ini bisa dikombinasikan dengan font keluarga Sans lainnya.

5. Roboto

Salah satu font dengan sifat ganda dengan bentuk geomteris yang sangat khas yang menjadi ciri khasnya. Roboto merupakan font yang memiliki kurva terbuka dan ramah dibandingkan jenis font kurva terbuka lainnya. Meskipun terlihat agak kaku, namun ketika diaplikasikan pada website akan terlihat humanis dan sedikit masuk model Serif.

Salah satu dari keluarga Roboto yang cocok untuk memerindah desain tulisan website adalah Roboto Condensed yang dapat dilihat di https://fonts.google.com/specimen/Roboto+Condensed. Font Roboto ini dapat digabungkan dengan keluarga font Roboto lain, Oswald, Lato ataupun Montserrat. Secara umum font ini terbagi atas 3 macam, yaitu versi Light, Bold dan Regular.

6. Lato

Ciri khas font ini adalah pada umumnya tidak terlalu tebal, terlihat klasik dan memberikan kesan tersendiri ketika digunakan pada desain. Secara umum font ini terbagi atas 5 variasi, yaitu Thin, Light, Regular, Bold dan Black. Lato dapat dikombinasikan dengan font Raleway, Source Sans Pro, Roboto hingga Open Sans.

Berkat dukungan kerjasama dengan Google, font ini dapat digunakan secara gratis dengan mengunjunginya di https://fonts.google.com/specimen/Lato. Bagi yang ingin menempatkan di HTML bisa dengan mengcopy script pada kolom Standard setelah mengklik tombol Select This Font. Jika melalui CSS, maka copy script pada kolom Specify in CSS.

7. Montserrat

Salah satu font yang muncul pada awal abad ke-20 dan menjadi salah satu font tipografi terbaik di masanya. Terbagi atas beberapa variasi seperti Thin, Extra-Light, Semi-Bold, Extra-Bold dan Black. Montserrat ini dapat dikombinasikan dengan sejenisnya seperti Open Sans, Lato, Oswald dan juga Raleway. Jika ingin menggunakannya bisa mengunjunginya di https://fonts.google.com/specimen/Montserrat?selection.family=Montserrat.

Dari sekian banyak font yang bagus untuk website, daftar di atas adalah yang terbaik dan dapat dikombinasikan satu sama lain. Terlebih bagi font yang masih dalam satu circle jaringan seperti keluarga Sans Serif dan semacamnya. Pemilihan font untuk website memang penting karena berhubungan dengan kenyamanan visitor dalam membaca tulisan.