7 Situs Jual Foto Online Indonesia Yang Bisa Dicoba

by
jual foto online indonesia

Memiliki hobi memotret kini dapat menghasilkan uang dengan menjual hasil karya tersebut. Bahkan banyak sekali situs online yang bisa ditemukan di internet untuk mewujudkan peluang mendapatkan uang dari berjualan foto tersebut. Meskipun tidak selalu dalam sekali menjual bisa menarik minat pembeli, namun nyatanya banyak yang kemudian melakukan cara ini. berikut 7 situs jual foto online Indonesia yang bisa dijadikan referensi, diantaranya :

1. Stockfresh

Salah satu situs jual foto online Indonesia adalah stockfresh.com. Di sana setiap fotografer akan mendapatkan komisi yang menggiurkan yaitu mulai dari 50 persen hingga 62,5 persen untuk setiap foto yang diunduh. Apabila pembeli sudah berlangganan maka komisi yang didapatkan bisa mencapai US0.35 untuk setiap foto yang diunduh.

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan oleh setiap fotografer adalah mendapatkan kompensasi yaitu sebesar 10 persen. Hal ini berlaku juga pada kondisi dimana pembeli justru mengunduh gambar dari fotografer lainnya.  Namun dengan syarat bahwa calon pembeli harus masuk ke situs tersebut melalui link dari fotografer tersebut. Dengan begitu maka setiap fotografer bisa memasukkan link foto di website, blog, atau forum sebagai salah satu ajang promosi.

2. Alamy

Situs lain yang bisa digunakan untuk menjual foto secara online adalah alamy.com. situs ini menyediakan lebih dari 100 juta foto yang dijual dengan berbagai tema seperti pemandangan, travelling, budaya, maupun yang lainnya. Untuk setiap gambar yang terjual maka fotografer akan mendapatkan royalti sebesar 50 persen.

Situs ini dikenal ramah dan adil terutama bagi pemula akrena komisi yang diberikan cukup besar. Tidak hanya itu, setiap fotografer juga diperbolehkan untuk menjual foto yang sama ke situs lain. Dengan begitu pundi-pundi rupiah akan semakin banyak didapatkan.

3. Veer

Selain 2 situs di atas, jual foto online Indonesia juga bisa dilakukan di Veer.com. Untuk setiap fotonya akan mendapatkan komisi yang terbilang cukup banyak yaitu US 0,35. harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung ukuran dan kualitas foto yang diunduh oleh pengguna. Semakin besar ukuran foto maka komisi yang didapatkan juga akan semakin banyak.

Sebagai contoh apabila seorang fotografer menjual foto berukuran besar maka komisi yang akan diterima bisa mencapai US 5,25 untuk setiap unduhan. Namun meskipun begitu pembayaran baru bisa diperoleh jika sudah mencapai threshols. Yaitu ketika sudah mencapai US 100 baru uang bisa dicairkan.

4. Free Digital Photos

Situs yang satu ini menawarkan komisi yang sangat besar bahkan hingga mencapai 70 persen untuk setiap foto yang diunduh oleh pengguna. Dengan begitu maka setiap setiap fotografer berpeluang mendapatkan uang dalam jumlah yang besar dengan waktu yang lebih singkat dan cepat. Untuk harga foto berkisar mulai dari US 3 per unduhan. Harga tersebut tentu saja tergantung pada kualitas dan ukuran gambar yang jual.

Bagi pemula mungkin bisa mencoba menjual hasil jepretannya pada situs ini. dengan komisi yang cukup besar maka peluang mendapatkan uang dalam waktu yang singkat juga akan semakin besar pula.

5. Fotolia

Situs yang satu ini menyediakan foto dalam jumlah yang sangat banyak dengan berbagai tema. Hampir semua tema bisa ditemukan pada situs ini. untuk setiap fotografer yang menjual karyanya melalui fotolia akan mendapatkan komisi mulai dari 20 hingga 60 persen. Komisi tersebut berlaku untuk setiap foto yang berhasil diunduh oleh pengguna.

Tidak hanya itu, bagi pengguna atau pelanggan sendiri akan mendapatkan komisi juga sebesar 0,25 hingga 0,40 persen kredit. Tentu hal ini sangat menguntungkan memudahkan kedua belah pihak baik itu fotografer maupun pelanggan yang mencari stok foto di fotolia.

6. Bigstock

Setiap karya tentu akan menghasilkan apabila dijual pada tempat yang tepat. Bigstock bisa menjadi alternatif situs untuk menjual berbagai karya foto yang memiliki nilai serta kualitas yang baik. Untuk harga foto sendiri biasanya dipengaruhi oleh kualitas dan ukuran dari foto itu sendiri. Sehingga tidak boleh asal menjual foto dengan kualitas yang jelek.

Setiap fotografer akan mendapatkan komisi hingga 30 persen per foto yang diunduh dengan extended license. Sedangkan apabila menggunakan kredit maka akan mendapatkan komisi hingga US 0,50 per foto yang diunduh.

7. Istockphoto

Situs lainnya yang bisa digunakan untuk menjual foto secara online di Indonesia adalah Istockphoto.com. foto bisa dijual dengan harga yang variatif tergantung ukuran dan kualitas foto. Sedangkan untuk komisinya akan mendapatkan hingga 15 persen untuk setiap foto yang diunduh.  Situs ini memungkinkan setiap fotografer untuk menjadi exclusive contributordan komisinya jauh lebih besar yaitu 45 persen. .

Dengan keuntungan ini memudahkan setiap fotografer untuk bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan lebih cepat. Setiap fotografer juga akan selalu berupaya meningkatkan kualitas foto agar komisi yang didapatkan jauh lebih banyak.

Nah itulah penjelasan mengenai situs jual foto online Indonesia yang bisa menjadi referensi bagi pemula yang masih bingung untuk menjual hasil karyanya. Meskipun komisi didapatkan dari banyak unduhan pada foto tersebut, namun memperhatikan kualitas gambar dan ukuran juga menjadi hal yang harus dilakukan dengan baik.