Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Bisa Dicoba

by
menghapus aplikasi bawaan android

Saat membeli android baru, tentu telah dilengkapi dengan aplikasi bawaan di dalamnya. Meskipun berguna, namun ada beberapa yang dianggap pengguna kurang bermanfaat. Apalagi bisa menyebabkan baterai android cepat boros. Sebenarnya aplikasi bawaan bisa dihapus, tapi memang tidak semudah aplikasi hasil download. Di bawah ini akan dibahas cara menghapus aplikasi bawaan android

Ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama tanpa harus melakukan proses root. Kedua harus melakukan proses root dulu. Berikut pembahasan selengkapnya

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android Tanpa Proses Root

Untuk menghapus aplikasi bawaan pada android tanpa proses root caranya cukup mudah. Ada 2 cara yang bsia dilakukan. Pertama dengan melakukan uninstall pada aplikasi. Kedua yaitu dengan melakukan disable pada aplikasi. Berikut penjelasan masing-masing

Menghapus Aplikasi Bawaan Andoid Dengan Menguninstall Semua Aplikasi

Sebelumnya memang pengguna android baru bisa dengan mudah menguninstall aplikasi bawaan dengan terlebih dahulu melakukan rooting. Namun saat ini hal tersebut tidak perlu dilakukan. Tanpa root pun, aplikasi bisa dengan mudah di uninstall. Coba ikuti saja pakai langkah-langkah berikut

  • Pertama masuk pada menu “pengaturan” atau “setting”. Setelah dipilih, lanjutkan dengan memilih menu “Apps”.
  • Jika sudah berhasil masuk menu “Apps”, pengguna tinggal langsung memilih aplikasi bawaan apa yang ingin dihapus. Namun yang juga harus diingat adalah ada beberapa aplikasi bawaan yang benar-benar tidak bisa dihapus. Seperti contact manager, device service, dan lainnya. Aplikasi bawaan yang bisa dihapus pada umumnya akan memiliki simbol kotak di bagian kanan.
  • Setelah memilih aplikasi bawaan mana yang ingin dihapus, tinggal centang saja kotak di samping kanan aplikasi tersebut. Selanjutnya tinggal klik “uninstall”

Cara menghapus aplikasi dengan melakukan uninstall seperti ini dapat dipakai oleh semua tipe HP apapun. Meskipun merek android berbeda namun konsep ketika melakukan proses uninstall pada dasarnya masih sama.

Melakukan Disable Pada Aplikasi

Pada dasarnya, jika ingin menghapus aplikasi bawaan pada android lebih mudah jika harus melakukan proses root dulu. Namun, jika pengguna tidak ingin beresiko HP yang rusak, bisa pakai cara ini, yaitu dengan melakukan disable aplikasi. Langkah-langkah untuk melakukan disable aplikasi adalah

  • Buka menu “setting” atau “pengaturan”
  • Setelah itu cari menu “Apps”, geser sebelah kanan lalu cari tab “all category”.
  • Jika tab “all category” terbuka, di sana akan muncul banyak aplikasi yang terinstall di andoid. Silahkan pilih aplikasi bawaan mana yang ingin dihapus atau disable.
  • Setelah dipilih, tinggal klik “disable”. Sebelumnya akan muncul pop-up peringatan untuk tidak melakukan disable pada aplikasi penting. Jika memang sudah yakin untuk melakukan disable, silahkan klik “OK”.

Jika prosesnya berhasil, artinya sejumlah aplikasi bawaan yang tidak diinginkan akan otomatis tidak aktif lagi. Paling tidak, aplikasi tersebut tidak akan menghabiskan baterai, walaupun kapasitas memori juga tidak bisa bertambah lebih banyak. Jika sewaktu-waktu ingin mengaktifkan aplikasi bawaan tersebut kembali, tinggal ikuti langkah di atas namun klik “enable”.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android Setelah Di Root

Jika menghapus aplikasi bawaan tanpa proses root, maka pengguna hanya akan diuntungkan soal penghematan baterai saja. Tapi jika menghapus aplikasi bawaan dengan tujuan supaya kapasitas memori semakin besar, harus dilakukan root. Setelah rooting, maka banyak aplikasi yang dapat membantu menghapus aplikasi bawaan pada android seperti

1. Root Explorer

Cara menghapus aplikasi bawaan pada android setelah di lakukan proses rooting bisa menggunakan aplikasi Root Explorere ini. Caranya cukup mudah. Silahkan buka dulu aplikasi ini, lalu pilih “Mouth as R/W”. Pastikan dulu posisinya harus “R/W” bukan “R/O”.

Jika sudah dipastikan, silahkan buka folder system kemudian “app”. Selanjutnya tinggal pilih aplikasi bawaan mana yang ingin dihapus. Caranya tinggal tekan, kemudian tahan, hingga keluar “delete” lalu klik.

2. ES Explorer

Selanjutnya, bisa juga menggunakan ES Explore.  Aplikasi ini sebetulnya sama dengan Root Explorer namun tampilannya lebih mudah dipahami dan fiturnya juga lebih lengkap. Cara menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mengizinkan akses root sebagai langkah awal.

Kemudian langkah selanjutnya sama dengan ketika menggunakan aplikasi Root explore. Aplikasi Es Explorer ini dapat dengan mudah didownload melalui Google playstore.

3. Link2SD

Link2SD sebetulnya punya fungsi utama untuk memindahkan aplikasi ke SD card. Namun, ternyata aplikasi ini pun dapat dimanfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan android, termasuk bloatware yang tidak berguna.

4. Titanium Backup

Ada lagi aplikasi yang dapat dimanfaatkan yaitu aplikasi Titanium Backup. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Pengguna tinggal buka aplikasi ini, kemudian pilih aplikasi bawaan mana yang ingin dihapus.

Selanjutnya tinggal tekan dan tahan tap aplikasi tersebut kemudian pilih opsi “delete” atau “uninstall”. Selain bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan, Titanium Backup ini juga dapat berfungsi untuk membackup dan restore aplikasi android.

5. Custom ROM

Cara lain yang dapat dipakai untuk menghapus aplikasi bawaan android yang sudah di root adalah custom ROM. Custom ROM pada umumnya dibuat oleh komunitas atau sejumlah individu. Saat ini Custom ROM yang paling terkenal adalah Cyanogenmood yang sudah tersedia di semua jenis android.

Itulah cara menghapus aplikasi bawaan android. Baik android yang sudah di root maupun yang belum pernah melalui proses root. Intinya tidak semua aplikasi bawaan bisa dihapus. Aplikasi seperti sms, Kontak telepon, alarm, dan lainnya memang tidak bisa dihilangkan dari android.