Pengertian Firebase Adalah

by
firebase adalah

Jadi yang dimaksud Firebase adalah salah satu layanan google untuk mempermudah para developer aplikasi dalam pengembangan aplikasi. Dengan berbekal sistem BaaS ‘Backend as a Service’, Apps dan Game Developer dapat dengan mudah untuk fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang besar untuk urusan backendnya.

Firebase pertama kali dikenalkan oleh Andrew Lee bersama dengan James Tamplin pada tahun 2011. Produk pertama mereka yang dikembangkan yaitu Realtime Database. Saat ini sudah lebih berkembang menjadi layanan penyedia pengembang aplikasi. Pada bulan Oktober 2014, perusahaan Firebase tersebut diakusisi oleh Pihak Google hingga saat ini dan masih dalam tahap pengembangan. Dan pada Mei 2016 Firebase telah dikenalkan di Google I/O.

Firebase sendiri memiliki beberapa fitur yang disediakan, yaitu :

1. Google Analytics
Analytics berisi data mengenai perilaku pengguna pada aplikasi Android dan iOS sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang produk dan pengoptimalan marketing. Kita bisa melihat data error, efektivitas notifikasi, performa deep link, pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain.

Sebenarnya Analytics dari Firebase tidak begitu berbeda dengan Analytics pada Google Analytics. Perbedaannya, dashboard Firebase lebih sederhana dibandingkan dashboard Google Analytics.

Firebase juga menawarkan fitur Analytics untuk keperluan pengoleksian data dan laporan untuk aplikasi Android/iOS. Koleksi data yang akan digunakan pun bisabervariasi. Contohnya yaitu bisa membuat laporan untuk pengguna aplikasi di negara Indonesia saja, ataupun negara Amerika saja, dll.

Selain itu, kita bisa melihat bagian mana dari aplikasi kita yang sering digunakan oleh pengguna. Yang paling menarik dari Analytics ini yaitu bisa membuat segmentasi pengguna berdasarkan ‘user attribute’. User attribute sendiri adalah parameter yang dapat digunakan sebagai filter untuk laporan dan notifikasi. Ibaratnya untuk aplikasi online shop, kita bisa riset berapa jumlah pengguna yang membeli HP dengan merk tertentu, atau bahkan jumlah user yang membeli kamera. Hingga bisa mengetahui pada jam berapa puncak terjadi transaksi terjaid yang dilakukan user.

Dengan database ini kita juga dapat memberikan pemberitahuan kepada segmentasi pasar yang kita inginkan, contohnya jika kita hanya ingin mengirimkan notif untuk user yang membeli hp dengan merk ‘A’ saja. Selain itu, masih ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Firebase dari Analytics.

2. Real-time database
Untuk penyimpanan dan sinkronisasi data antara user dan device secara realtime dengan menggunakan cloud hosting database noSQL. Real-time merupakan keadaan pengoperasian sistem perangkat lunak dan perangkat keras yang dibatasi oleh rentang dan tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu dalam setiap peristiwa atau operasi terjadi, jadi data yang dikirim seketika di waktu itu juga.

3. Authentication
Pengelelola user secara yang mudah dan aman. Firebase Auth menawarkan beberapa jenis autentikasi, termasuk email/kata sandi, atau penyedia pihak ketiga seperti Google atau FB, atau juga bisa melalui sistem akun Anda yang sudah terdaftar.

4. Cloud Storage
Tempat penyimpanan dan sharing gambar, musik/audio, video, atau konten lain yang dibuat agar penggun mudah menyimpan konten yang andal, sederhana, dan juga hemat biaya yang dikembangkan dalam skala Google.

5. Hosting
Mempermudah hosting website Anda dengan fitur khusus untuk aplikasi web modern. Saat Anda mengupload berbagai aset web, secara otomatis akan terupload ke CDN global, memberikan sertifikat SSL gratis, sehingga user Anda akan mendapatkan pengalaman yang aman, handal, berlatensi rendah, dimanapun mereka berada.
Dan masih banyak layanan lain yang akan dikembangkan pada Firebase ini.

Begitulah kira-kira pengertian Firebase yang adalah memudahkan pekerjaan Developer Android. Sebenarnya masih terdapat beberapa fitur lain yang belum sempat dibahas dalam postingan kali ini, diantaranya Firebase App Indexing untuk mengindeks aplikasi dan game kita pada pencarian Google. Serta Firebase Dynamic Links untuk membuat link pada aplikasi kita, dengan maksud, pengguna akan bisa langsung masuk ke bagian tertentu dari link tersebut (tanpa harus masuk dahulu ke halaman depan aplikasi).

Apps & Game Developer. ASO Guy. Graphic Designer. Civil Servant.