Pengertian Website Menurut Para Ahli Beserta Sejarahnya

by
pengertian website menurut para ahli

Website adalah sebuah halaman yang memuat berbagai informasi penting dalam bentuk dokumen digital. Dimana informasi tersebut bisa berupa visual maupun non visual. Namun terdapat beberapa pengertian website menurut para ahli yang berbeda-beda. Meskipun pada intinya memiliki arti dan maksud yang sama.

Mengetahui apa itu pengertian website memang cukup penting mengingat saat ini teknologi semakin canggih. Namun ada baiknya selain mengetahui pengertian dari website, harus tahu juga mengenai sejarahnya. Nah, berikut pengertian website dari beberapa ahli beserta sejarahnya. Yuk simak!

Pengertian Website Dari Beberapa Para Ahli

Website saat ini menjadi salah satu situs yang sering dikunjungi untuk mendapatkan berbagai macam informasi terkini. Hanya saja banyak orang yang belum mengetahui pengertian dari website. Nah untuk mengetahui dan lebih memahami apa itu website, simak beberapa penjelasan mengenai pengertian website menurut para ahli berikut ini.

1. Suwanto Raharjo

Pengertian website menurut para ahli yang pertama yaitu dari Suwanto Raharjo. Dia menyebutkan bahwa website merupakan jaringan internet yang sangat sering digunakan oleh banyak orang. Website lebih sering digunakan daripada layanan yang lain seperti gopher, ftp, email juga news.

2. A. Taufiq Hidayatullah

Website menurut pandangan dari A. Taufiq Hidayatullah adalah salah satu dari bagian jaringan yang terbesar di dunia. Jaringan ini paling sering terlihat dan dikunjungi banyak orang yaitu internet.

3. Gregorius

Berbeda dengan Gregorious, menurutnya website merupakan sekumpulan halaman web yang mana setiap filenya saling berkaitan dan terhubung. Dimana webnya memiliki unsur halaman atau page serta sebuah halaman yang terkumpul atau dikenal dengan homepage.

4. Abdullah

Pengertian website menurut para ahli  juga datang dari seorang ahli yang bernama Abdullah. Menurutnya website merupakan sekumpulan halaman yang berisi dari berbagai laman yang mana di dalamnya terdapat informasi sangat banyak. Informasi tersebut berbentuk digital berupa audio, video, gambar, teks juga ada animasi. Untuk mengakses informasi tersebut harus terhubung dengan jaringan internet.

5. Hakim Lukmanul

Website adalah salah satu fasilitas dunia internet yang mampu menghubungkan seluruh dokumen secara luas. Baik dalam jangkauan lokal maupun sampai jarak jauh. Dokumen dalam website itu bernama link dan web page. Link yang ada pada website memungkinkan para pengguna bisa dengan mudah pindah dari page satu ke page yang lainnya. Page nya pun mencakup page yang ada di seluruh dunia dan juga page yang memang tersimpan pada server.

6. Boone (Thomson)

Menurut pandangan dari Boone (Thomson) website itu merupakan sekumpulan grafis yang sangat kaya akan sumber daya. Dimana sumber daya tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya pada jaringan internet yang jauh lebih besar.

9. Yuhefizar

Website menurut Yuhefizar ialah sebuah metode yang berguna untuk menampilkan sebuah informasi dari internet. Informasi yang ditampilkan bisa berupa video, gambar, teks dan juga suara. Website juga dapat menjadi link penghubung antara dokumen satu dengan setiap dokumen-dokumen yang lain. Dimana semua itu bisa diakses melalui sebuah browser.

Bahkan ada interaktif yang mempunyai keuntungan yaitu dapat menghubungkan link antara dokumen satu dengan dokumen-dokumen yang lain  (hypertext) yang bisa diakses lewat browser.

10. Jasmadi

Pengertian website menurut para ahli yang selanjutnya ialah menurut Jasmadi. Menurutnya website merupakan beberapa kumpulan dari setiap halaman web yang disertai dengan berbagai file pendukung lainnya. File tersebut berisi gambar, teks, dan video yang berbentuk digital. Semua file tersebut ada di web server atau host yang bisa dijelajahi melalui jaringan internet.

Sejarah Singkat Kemunculan Website

Tim Berners-Lee merupakan seseorang yang pertama kali membuat sebuah website di sekitar akhir tahun 1980-an. Namun website resmi secara online sekitar tahun 1991. Tim Berners-Lee awalnya membuat website agar para peneliti yang ada di tempat dia bekerja lebih mudah dalam bertukar informasi. Pada saat itu website hanya digunakan untuk bertukar informasi antar para peneliti bukan untuk publik.

Website pada 30 April tahun 1993 mulai resmi diakses secara gratis hal itu diumumkan kepada publik oleh CERN. Semenjak itu website sudah menyebar di ranah publik dan dapat digunakan oleh banyak orang kapanpun dan dimanapun. Website dikategorikan dalam 3 bagian yaitu website Statis, website Dinamis dan website Interaktif.

Website Statis  merupakan sebuah web yang halamannya tidak berubah. Maksudnya adalah jika menginginkan perubahan pada sebuah halaman harus melakukannya secara manual. Dengan cara edit code dari websitenya. Sementara website Dinamis  adalah sebuah website yang digunakan untuk melakukan update setiap saat. Umumnya selain dapat diakses oleh para user, website ini juga menyediakan sebuah halaman backend yang biasa digunakan untuk mengedit sebuah konten.

Website Interaktif  ialah sebuah web yang kini sedang sangat booming. Contoh dari website ini ialah forum dan juga blog, yang mana keduanya sangat banyak digunakan oleh para pengguna diseluruh dunia. Pada website ini para pengguna bisa melakukan interaksi dan juga bebas untuk adu argumen tentang semua hal yang masih dibatasi oleh topik pembicaraan.

Itulah pengertian website menurut para ahli dan juga sejarah singkat kemunculan website. Teknologi yang semakin canggih membuat setiap orang harus mengetahui dan paham perihal dunia teknologi. Dengan mengetahui sejarah juga pengertian dari website tentu para pengguna tidak akan salah kaprah lagi dalam menggunakannya.