Proposal Penawaran Pembuatan Website Harus Memiliki Hal-Hal Berikut Ini

by
proposal penawaran pembuatan website

Bagi seorang pembuat website proposal penawaran pembuatan website yang ditawarkan sama pentingnya seperti portfolio. Pada proposal ini, pembuat website perlu mencantumkan beberapa hal yang kiranya penting untuk diketahui klien. Selain itu dengan membuat proposal, proses penawaran akan lebih mudah untuk dilakukan. Berikut ini hal-hal yang harus ada pada proposalnya.

1. Pendahuluan

Pertama tentu adalah pendahuluan, dalam bagian proposal penawaran pembuatan website ini terangkan mengapa seseorang memerlukan website. Buatlah dengan bahasa yang lugas, efektif namun tidak terkesan menggurui. Jangan pernah membuat kalimat pendahuluan yang membosankan, karena akan membuat seseorang menjadi malas untuk membaca.

Buatlah pendahuluan paling banyak satu halaman, dan buat dalam satu sampai tiga paragraf saja. Berikan sedikit gambaran mengapa perusahaan ini memerlukan website. Apabila pada bagian ini sudah bagus, maka dapat membuat seseorang menjadi lebih tertarik untuk membaca penjelasan selanjutnya.

2. Bentuk Desain Dari Website

Hal yang harus ada selanjutnya adalah bagaimana bentuk desain dari website yang hendak dibuatkan untuk klien. Saat membuat desain ini, buatlah dengan beberapa pilihan agar klien bisa lebih leluasa memilih. Tidak hanya itu saja ada baiknya sebelum membuat desain, kenali dulu perusahaan yang hendak ditawarkan kerja sama.

Karena dengan mengenal perusahaannya dengan baik, pembuat web minimal sudah dapat sedikit gambaran ingin membuat desain yang seperti apa. Sehingga desain juga lebih tepat sasaran, dan kemungkinan untuk diterima juga lebih besar. Tidak hanya itu pembuat website juga tidak perlu banyak melakukan revisi atau rombakan pada desainnya.

3. Keunikan yang Ditawarkan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa proposal ini layaknya portofolio bagi seorang pembuat website. Oleh sebab itu, dalam proposal juga perlu ada keunikan yang hendak ditawarkan oleh pembuat website. Beri pernyataan mengapa klien harus memilih membuat websitenya disini.

Dalam membuat keunikan ini beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah ciri khas dari pembuat website tersebut. Apa yang membuat website ini menjadi berbeda, dan dapat membuat orang menjadi penasaran. Jangan lupakan juga beberapa detail kecil yang kiranya dapat memberikan keunikan tersendiri terhadap penggunaannya.

4. Fitur yang Ditawarkan

Hal yang harus ada dalam proposal pembuatan website selanjutnya adalah fitur-fitur yang ditawarkan dalam website tersebut. Biasanya memuat menu di website, halaman utama yang berisikan company profile. Lalu ada tentang kami yang memuat sejarah perusahaan secara singkat dan hal lainnya. Visi dan misi perusahaan juga bisa dicantumkan pada bagian tentang kami.

Selanjutnya juga ada contact, layanan, informasi layanan, kebijakan privasi dan juga jangan lupa untuk mencantumkan disclaimer. Tambahkan juga beberapa testimoni dari klien yang pernah ditangani oleh perusahaan tersebut. Terakhir jangan lupa untuk menampilkan sesuatu yang penting yakni produk atau jasa apa yang dijual oleh perusahaan tersebut. Tampilkan di halaman depan.

5. Strategi yang Ditawarkan

Dalam hal ini ada dua jenis strategi yang kedua-duanya harus dijalani oleh setiap pembuat website. Pertama strategi peningkatan layanan yang diinginkan oleh pemilik website. Tuliskan bahwa desainer siap membuat desain web dengan keinginan si pemesan. Selain itu, buat juga layanan interface pada bagian komunikasi serta membuat security website yang kuat.

Selanjutnya adalah strategi agar traffic website selalu menjadi yang terbaik dan nomor satu. Dalam hal ini tidak hanya tentang SEO saja, tapi juga bagaimana sitemap web ini dapat berfungsi dengan baik. Berilah jaminan bahwa website akan selalu muncul di halaman utama mesin pencari saat seseorang mengetikkan satu saja kata kunci yang ada di website.

6. Jenis dan Jumlah Pengajuan Layanan

Dalam hal ini buatlah dalam bentuk tabel layanan apa saja yang akan diberikan. Seperti maintenance, jasa webmaster, pengelolaan website, perpanjangan waktu domain, dan lain sebagainya. Berikan semua rincian jenis pengajuan layanan secara rinci dan jangan sampai ada yang terlewat satupun. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Apabila rinciannya sudah dibuat, maka sekarang saatnya mengetahui berapa jumlah harga yang dibutuhkan. Untuk menarik klien berilah harga penawaran serendah mungkin, tapi tetap relevan dan menguntungkan. Jangan sampai niat ingin mendapatkan klien malah menjadi kerugian untuk diri sendiri. Dalam hal penawaran ini ada baiknya dibuat dalam bentuk tabel.

7.Penutup

Terakhir adalah bagian penutup yang selayaknya bagian pendahuluan juga harus dibuat sesederhana mungkin. Berikan kalimat berupa harapan bahwa desainer ini sangat ingin bekerja sama dengan perusahaannya. Cantumkan juga kata maaf apabila masih ada kesalahan, dan masih bisa menerima kritik dan saran akan menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Apabila ada pendahuluan maka ada penutupan, itu yang harus dipahami dalam menyusun setiap proposal jenis apapun. Bahkan untuk proposal penawaran pembuatan website seperti ini, kaidah-kaidah seperti itu tetap harus dijalani. Jadi tidak perlu pusing lagi saat hendak membuat proposal yang berisikan penawaran untuk membuat website. Cukup ikuti saja kaidah yang ada di atas.