Software Flashing Semua Merk HP Terbaik

by
software flashing semua merk hp

Melakukan flashing pada ponsel bukan perkara yang mudah karena membutuhkan persiapan seperti mendownload software dan beberapa bahan lain. Memang ada banyak sekali cara flashing HP, namun beberapa tidak kompatibel pada beberapa merk ponsel. Sekarang ini sudah ada software flashing semua merk HP yang dapat digunakan secara mudah.

Sebelum melakukan flashing, pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh atau minimal 75% agar ketika proses flashing tidak kehabisan baterai. Pastikan juga telah menginstall Android USB Driver sebagai tools utama dalam proses flashing ini. Gunakan kabel data yang sesuai dengan merk ponsel dan pastikan bekerja dengan normal.

Smart Phone Flash Tool

Aplikasi yang dapat digunakan untuk flash ponsel semua merk adalah Smart Phone Flash Tool atau dikenal sebagai SP Flash Tool. Dengan menggunakan software flashing semua merk hp ini pengguna dapat melakukan flash stock ROM hingga perbaikan kasus flashing. Beberapa kasus yang dimaksud diantaranya unbrick ponsel, pembaruan firmware dan lain sebagainya.

Software ini mendukung flash semua merk HP dengan basis Android MediaTek. Selain dapat membantu dalam beberapa kasus di atas, aplikasi ini juga mendukung untuk melakukan pengujian dan verifikasi memory. Bisa juga digunakan untuk mereset dan memperbaiki perangkat yang bricked.

Persiapan Flash

Ada beberapa hal yang perlu pengguna persiapkan sebelum menggunakan software ini untuk melakukan flashing ponsel. Pertama tidak lain adalah laptop atau pc dengan basis Windows ataupun Linux bisa digunakan. Selanjutnya adalah file yang digunakan untuk flash, driver MediaTek USB-VCOM dan cadangkan perangkat terlebih dahulu.

Cara Melakukan Flash

Dalam melakukan flashing ponsel, pengguna benar-benar harus berhati-hati terhadap step by stepnya agar tidak berdampak pada ponsel yang di flashing. Jika tidak sesuai dengan langkah yang sudah ditetapkan, ada kemungkinan ponsel gagal flashing dan justru tidak dapat digunakan. Berikut tata cara penggunaan software flashing semua merk HP ini :

  • Download dan instal terlebih dahulu driver MediaTek USB VCOM dan Driver Auto Installer yang terdapat pada website resminya di https://spflashtool.com/.
  • Setelah software terinstall, restart kembali PC tersebut.
  • Jalankan flash tool tadi dan tunggu sampai proses loading selesai.
  • Klik Download Agent, lalu cari file yang telah diunduh di folder unzip SP Flash Tool yang bernama MTK_AllInOne_DA.bin, kemudian klik Open.
  • Langkah selanjutnya, klik tombol Scatter Loading, kemudian cari di folder Firmware sesuai firmware ponsel pengguna. Klik Open dan tunggu proses hingga selesai.
  • Nantinya akan muncul data yang harus di download, centang seluruhnya. Sebelum klik Download, matikan ponsel dan sambungkan ke PC.
  • Klik Download dan tunggu proses flashing selesai hingga muncul ikon Centang.

SPD Flash Tools

Meskipun namanya hampir mirip dengan software pertama, namun ada banyak perbedaan pada software kedua ini. SPD Flash Tools memiliki fitur untuk memulihkan stock firmware, flashing spreadtrum device hingga beberapa konfigurasi menarik lainnya. Tampilan antar mukanya terlihat sederhana dan dapat dioperasikan dengan mudah.

Cara Melakukan Flash

Penggunaan software flashing semua merk HP kali ini terbilang lebih mudah dan cepat dibandingkan sebelumnya. Untuk dapat menjalankan software ini setidaknya pengguna menggunakan sistem operasi Windows dan belum support untuk Linux. Berikut step by step flashing menggunakan SPD Flash Tool :

  • Download terlebih dahulu Spreadtrum USB Driver untuk menggunakan flash tool ini di link https://androiddatahost.com/339a2.
  • Lanjutkan dengan mendownload Stock ROM yang disesuaikan dengan jenis device Android tersebut.
  • Download aplikasi SPD Upgrade Tool atau SPD Reserach Tool, kemudian lakukan extract data.
  • Carilah ResearchDwonload dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Setelah software terbuka, koneksikan ponsel dengan PC. Pastikan ponsel sudah dimatikan sebelumnya.
  • Pastikan ponsel terkoneksi dengan baik, lalu klik tombol Load Packed yang terdapat pada pojok kanan atas.
  • Cari file .pac dan klik open.
  • Setelah berhasil ditambahkan, klik tombol Play atau Start Downloading untuk menjalankan proses flashing.
  • Sebelum proses flashing berjalan, biasanya ponsel akan terestart secara otomatis. Jangan sekali-kali mencabut ponsel ketika restart tersebut.
  • Tunggulah sampai proses flashing selesai, nantinya akan muncul tulisan Previous Passed berwarna hijau.
  • Tulisan berwarna hijau tadi menandakan proses flashing telah selesai dan berhasil.
  • Ponsel akan melakukan restart sendiri atau beberapa harus dilakukan restart manual untuk digunakan kembali.

Problem Ketika Flashing

Ada beberapa kasus yang muncul ketika proses flashing menggunakan tools ini ataupun setelah proses selesai. Salah satu yang sering ditemukan adalah ketika muncul tulisan Bin Packet Error. Solusi dari permasalahan tersebut adalah uninstall tools hingga file registrynya, lalu lakukan penginstalan ulang menggunakan versi terbaru.

Flashing ponsel dengan software flashing semua merk HP di atas memang membuat ponsel menjadi lebih ringan dan bisa custom ROM. Namun dibalik itu semua pengguna harus berhati-hati karena bisa menyebabkan bootloop ataupun nomor IMEI yang hilang ataupun berubah. Pastikan backup seluruh data sebelum melakukan flashing.