,

Berapa Penghasilan Dari Admob?

by
berapa-penghasilan-dari-admob-1

Akhir-akhir ini banyak yang menanyakan kepada saya berapa penghasilan dari Admob? Well, sebenarnya saya juga bingung jawabnya, karena hasil tergantung kerja keras teman-teman. Tidak ada patokan khusus penghasilan dari Admob, banyak faktor yang mempengaruhi berapa rupiah atau dollar yang bisa kita dapatkan dari Admob, ada penghasilan mulai dari 100 perak perhari, $1/day atau bahkan jutaan rupiah perhari pun ada.

Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi penghasilan dari Admob? Berikut saya rangkum beberapa faktor sesuai pengalaman, apabila ada teman-teman yang menanyakan berapa penghasilan dari admob:

  1. Admob adalah Bisnis

Ya, Anda tidak salah. Jika Anda terjun ke dunia Admob, Admob termasuk bisnis online, karena ada perputaran uang di dalamnya. Kita mendapatkan penghasilan dari Biaya Per Klik atau Tampilan per Seribu dari para advertiser yang mengiklankan produknya. Setiap iklan yang tampil di aplikasi atau game yang kita buat, akan dibayar oleh Admob melalui tampilan per seribu (CPM) atau per Biaya per klik (CPC). Jadi, tanamkan dalam mindset Anda bahwa Admob adalah bisnis.

  1. Target Negara Premium atau Non Premium

Pemilihan target negara sangat mempengaruhi CPM dan berimbas pada CPC iklan. Kenapa bisa seperti itu? Ini dikarenakan saingan para pengiklan di negara tersebut sangat berpengaruh. Jika di negara premium, kemungkinan besar kita akan mendapatkan biaya per klik yang sangat tinggi, para pengiklan akan meninggikan bid atau tawaran iklan karena persaingan kata kunci dan kompetitor yang begitu tinggi, begitupun sebaliknya. Tentu ini akan menguntungkan para publisher bagi kita, jika aplikasi android kita bisa tampil di negara premium.

  1. Pemilihan Jenis Iklan

Jenis iklan di Admob terbagi atas iklan banner, interstitial dan reward. Masing-masing iklan ada keuntungan sendiri bagi Admob dan advertiser, terkadang iklan banner text memiliki CPC lebih besar dari iklan image intertitial, atau bahkan bisa lebih tinggi lagi jika memasang reward ads. Lagi-lagi kita tergantung pada advertiser mana yang pasang bid lebih tinggi.

  1. Jumlah tampilan atau impresi iklan

Setting iklan yang sering muncul pada aplikasi atau game bisa jadi mengganggu untuk user, alhasil mereka akan uninstall atau komentar buruk di rating. Alangkah baiknya setting banner diubah menjadi 1 menit per tampilan iklan dan untuk intertitial menjadi 3-4 menit per tampilan iklan.

  1. Kualitas Aplikasi dan Game Anda

Saya sarankan jika memungkinkan buatlah aplikasi atau game yang mengutamakan kualitas, karena dengan aplikasi dan game yang berkualitas, otomatis user akan terus menggunakan aplikasi dan game yang kita buat. Kita aktifkan sensor ketagihannya, dengan begitu iklan kita juga akan sering muncul dan kemungkinan mendapat klik iklan juga besar.

  1. Behaviour atau perilaku user saat memakai internet

Pernahkah kita menyadari bahwa jika kita pernah berkunjung ke suatu marketplace untuk mencari sepatu, kemudian melihat website lain dan ternyata foto sepatu yang kita lihat di marketplace tadi akan muncul di website lain yang sedang kita kunjungi? Ya. Kemajuan dalam beriklan memang sedang berkembang pesat, istilahnya disebut retargeting berdasarkan perilaku pengguna internet. Jadi wajar aja kenapa kita sudah target negara premium tapi CPC-nya masih belum tinggi. Hal tersebut memang dipengaruhi oleh pengiklan yang men-setting retargeting dan mendapat bid yang lebih rendah dari Google.

  1. Mengaktifkan Fitur Freemium (In-App Purchase)

Sebenarnya metode ini tidak berhubungan dengan Admob, melainkan fitur dari Google Play Console. Model bisnis seperti ini sangat disukai oleh developer yang ingin meningkatkan penghasilan dari pembuatan aplikasi dan game, dengan cara menjual fitur atau item premium tertentu. Ini merupakan teknik marketing yang terbukti sukses meningkatkan revenue. Istilahnya, Sharing-Sharing dulu, Selling-Selling kemudian.

berapa-penghasilan-dari-admob-wiz

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi apabila ada pertanyaan berapa penghasilan dari admob menurut pengalaman saya sebagai publisher admob. Jika ada update artikel tentang materi diatas, akan dibuat dalam artikel lain. Semoga bermanfaat!