Jenis Jenis Website Dan Contohnya Untuk Menambah Wawasan Dalam Dunia Website

by
jenis jenis website dan contohnya

Pada masa sekarang ini perkembangan internet dapat dikatakan maju dengan sangat pesat dari waktu ke waktu. Tentunya hal ini mempengaruhi berbagai hal yang bersangkutan dengan internet, website adalah salah satu contohnya. Sekarang, website memiliki berbagai macam jenis, dan artikel kali ini akan membahas jenis jenis website dan contohnya.

Munculnya berbagai jenis website ini tentunya bertujuan supaya semakin mempermudah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Untuk para pembaca yang suka berselancar di dunia Maya, maka sebaiknya tau tentang jenis jenis website dan contohnya. Hal ini tentunya untuk menambah wawasan tentang apa yang digunakan setiap hari.

Untuk itu, seperti yang dikatakan sebelumnya, artikel kali ini akan membahas tentang berbagai jenis jenis website dan contohnya. Adanya berbagai informasi dibawah ini tujuannya supaya menambah wawasan dari para pembaca. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis jenis website dan contohnya.

1. Minisite

Web jenis minisite ini biasanya digunakan untuk menjual atau mempromosikan sebuah produk. Bahasa programnya adalah HTML dan CSS dan berisi berbagai hal tentang produk yang dijual oleh internet marketer.

Maka dari itu, untuk para pembaca yang menjual produk secara online, maka minisite ini dapat digunakan sebagai sarana promosi. Karena fokus dari terciptanya web jenis minisite ini adalah untuk keperluan promosi barang.

Contoh dari minisite dapat dilihat dari beberapa produk dibawah ini :

– Green Coffe
– G-Max
– Imogen Strawberry
– Imogen Coklat
– Varash

2. Social Bookmarking

Social Bookmarking adalah jenis website yang biasanya digunakan untuk memberikan suara atau vote untuk sesuatu. Sesuatu tersebut bisa saja berbentuk sebuah artikel yang berasal dari internet. Selain untuk mengirimkan suara, web jenis ini juga untuk mengirimkan, menemukan dan juga untuk menyebarkan vote artikel tersebut.

Web jenis ini biasanya digunakan para penulis artikel, gunanya adalah menambah viewers mereka. Selain itu, para penulis artikel dapat mempromosikan artikel mereka secara gratis di web jenis ini. Keuntungan lainnya untuk para penulis artikel adalah keberadaan web ini dapat menambah page rank mereka.

Contoh web jenis Social Bookmarking :

– Twitter.com
– Del.icio.us
– Digg.com
– StumbleUpon.com

3. Social Networking

Web jenis social networking ini memberikan kebebasan kepada para pengguna untuk berinteraksi satu sama lain. Baik untuk berdiskusi, bertukar pikiran atau hanya sekedar membagikan berbagai informasi. Di dalam web jenis seperti ini juga para penggunanya bebas untuk saling berkenalan dan menjalin relasi antara satu sama lain.

Fokus saat dibuatnya web jenis ini adalah hubungan pertemanan. Para pengunjungnya dibebaskan untuk berteman dengan siapa saja, bahkan bebas untuk saling mengirimkan pesan.

Contoh dari web jenis social networking :

– Facebook.com
– Myspace.com
– Plurk.com
– Bebo.com
– hi5.com

4. E-commerce

Hampir sama dengan tujuan dibuatnya minisite, web jenis e-commerce juga dibuat untuk keperluan berdagang. E-commerce keberadaan dapat membantu para pedagang online untuk mengorganisir barang yang kemudian dapat mereka promosikan.

Di website jenis e-commerce ini juga para pelanggan dapat melakukan pembayaran secara langsung kepada penjual. Hal yang jelas adalah website jenis ini dibuat memang hanya untuk keperluan penjualan online saja, tidak ada fokus lainnya.

Contoh website jenis e-commerce :

– iqvc.com
– amazon.com

5. Blog

Sebuah blog dapat dikatakan sebagai buku diary, atau juga dapat disebut buku harian penulisnya. Bedanya dengan buku harian biasa dengan blog adalah blog yang dapat di upload di internet. Blog ini kemudian dapat ditemukan, dibaca hingga dibagikan oleh pembaca ke pembaca lainnya.

Biasanya fokus dibuatnya blog adakah dengan tujuan memanajemen artikel. Meminta pendapat para pembaca tentang hasil tulisan yang dibuat tersebut.

Contoh website jenis Blog :

WordPress.com
– Blogger.com

6. Portal

Portal adalah jenis website yang dapat dikatakan sebagai pintu masuk untuk masuk ke situs lainnya. Website jenis portal akan menyimpan data dan mengelolanya secara tersusun rapi berdasarkan abjadnya. Biasanya juga website jenis portal ini dapat langsung terhubung dengan situs-situs lainnya salah satunya adalah email.

Contoh website jenis Portal :

– Tribunnews.com
– Kompas.com
– Detik.com
– Kapanlagi.com
– Merdeka.com

7. Search Engine

Website jenis search engine bersifat Saman seperti portal, yaitu merupakan pintu masuk untuk berbagai jenis situs lainnya. Bedanya dengan portal yang menyimpan data search engine akan mencari data terlebih dahulu kemudian baru disimpan. Biasanya situs-situs disini akan berlomba-lomba untuk mendapatkan daftar tertinggi yang paling sering dicari di search engine.

Contoh dari website jenis Search Engine :

– Yahoo.com
– Ask.com
Google.com

8. Gallery

Seperti namanya tentu saja fokus dari terciptanya website jenis gallery ini adalah untuk keperluan publikasi berbagai jenis foto. Gallery tentunya dilengkapi berbagai fasilitas untuk publikasi foto bagi para penggunanya. Pengguna dari Gallery dapat menyimpan, mengatur foto tersebut kemudian baru mempublikasikannya.

Contoh dari website jenis Gallery :

– Www.akusafoto.com
– Www.pwostudios.com
– Www.hallophoto.com
– Pamelapamungkas.com
– Rzkphotoworks.com

Itulah beberapa jenis jenis website dan contohnya beserta beberapa penjelasannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca tentang berbagai website. Tentunya wawasan ini cukup penting, mengingat bahwa internet adalah hal yang digunakan sehari-hari.